Dekan FSP Unhan Gelar Sosialisasi Prodi S2 dan Tertib Administrasi Desa se Sultra

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) melalui Dekan Fakultas Strategi Pertahanan (FSP) yakni, Mayjen TNI Sudibyo, bersama Wakil Dekan FSP, Laksma TNI Purwanto, dan Sesprodi SPS, Kolonel Pas Bastari. Hari ini Kamis, (27/2/2020) menggelar sosialisasi Program Pendidikan (Prodi) Magister (S2) Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN), dan menggelar Sosialisasi Tertib Administrasi Desa.

Diketahui kegiatan sosialisasi tersebut digelar di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam sambutanya Dekan FSP Unhan, Mayjen TNI Sudibyo mengatakan tujuan dari kegiatan ini yakni, untuk terutama memperkenalkan Unhan bahwa Unhan telah terakreditasi “A”, dan kegiatan ini telah memberikan kesempatan kepada Mahasiswa Magister (S2) seluruh masyarakat Indonesia Khususnya masyarakat Sultra, baik dari Mahasiswa, TNI, ASN, maupun masyarakat pada umumnya, serta kegiatan ini merupakan dalam rangka mewujudkan Tridarma perguruan tinggi.


“Melalui sosialisasi ini kiranya dapat meningkatkan pemahaman dan pengertian rencana strategis dari Unhan sehingga bermamfaat dan memiliki nilai positif bagi kemajuan individu maupun satuan diwilayah di Sultra, khususnya Korem 143 Halu Oleo (HO) guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara,” ungkap Mayjen TNI Sudibyo.

Lanjut Jenderal Bintang Dua ini, menyatakan kepada peserta bahwa sosialisasi ini merupakan suatu kesempatan bagi seluruh elemen masyarakat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dibawah kepemimpinan Ali Mazi sebagai gubernur.

“Mendukung dan memberikan kesempatan yang luas terutama bidang pendidikan kepada warga masyarakat Sultra tercinta ini. Maka dari itu sosialisasi ini merupakan peluang kita semua dalam rangka mengembangkan kapasitas diri, yang nantinya dapat bermamfaat bagi satuan instansi maupun masyarakat, untuk kemajuan Indonesia kedepannya,” beber Pimpinan Unhan kepada peserta.


Dikesempatan yang sama, selain Dekan FSP Unhan itu sendiri memaparkan tentang pengelolaan Dana Desa (DD) dan tata tertib administrasi DD, juga dipaparkan pulah Kadis BPMD Sultra,Tasman Taewa. Ia memaparkan manfaat dan fungsi utama dari penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan DD. Selain itu memperlihatkan Profil dan Biodata tata tertib penggunaan dana desa dihadapan para tamu undangan yang sempat hadir.

“ADD, DD, dan Dana Kelurahan di Sultra yang diterimah, itu selalu mengalami peningkatan. Semenjak tahun 2015 sampai 2020 itu pencairannya sudah mencapai trilliunan yang masuk di Sultra,” ungkap Tasman

Lanjut, mantan Plt. Bupati Konawe ini berharap, agar ADD, DD dan Dana Kelurahan dapat dikelola dengan sebaik mungkin demi kemajuan pembangunan Desa dan kelurahan itu sendiri. “Ini dapat membangun daerah, sebab kalau desa maju berarti Indonesia juga maju,” tutup Tasman.

Dalam pantaun Sentralsultra.id kegiatan tersebut diikuti sejumlah Kepala Dinas (Kadis) yakni, Kadis Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Sultra, Tasman Taewa, Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio, Pemdamping Desa, Kepala Desa, dan Para Babinsa Kodim 1417 Kendari, Lanal Kendari, Pomad, serta tamu undangan lainnya.

Untuk pihak Unhan sendirian yang nampak hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah, Dekan FSP, Mayjen TNI Sudibyo, Wakil Dekan FSP, Laksma TNI Purwanto, Sesprodi SPS, Kolonel Pas Bastari, Sesprodi SKM, Kolonel Lek Haposan Sima Tupang, Sesprodi SPL, Kolonel Laut (T) Dohar Sianturi, Sesprodi PA, Kolonel Caj Surryanto, Sesprodi DP, Kolonel Czi Helda Risman.

Laporan: Edi Fiat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *