Festival Bajau Nusantara Bakal Digelar di Wakatobi April Mendatang

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Suku Bajau bakal selenggarakan festival Bajau Nusantara di Mola Raya, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bulan April 2020 mendatang.

Penyelenggaraan Festival Bajau Nusantara ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya bajau sebagai etnik lokal di Kablin sinergitas antara masyarakat bajau sebagai etnik lokal dengan masyarakat etnik lokal lainnya. Dan diketahui Panitia penyelenggara festival bajau nusantara berasal dari kabupaten Wakatobi.

“Kegiatan ini tidak dimaksudkan untuk mempertajam kesukuan, melainkan untuk memperlihatkan jatidiri dalam memperkuat keberagaman didalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Olehnya itu kita kedepannya, bulan April 2020 dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 15 April akan berlangsung festival bajau nusantara di Mola Raya, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi. Adapun yang menjadi rangkayan kegiatan adalah, pawai 1000 kapal hias, pagelaran seni dan budaya bajau, expo kuliner bajau, lomba dayung tradisional, gerakan bersih dan cinta laut,” ungkap Asrarudin selaku ketua panitia Festival Bajau Nusantara kepada Sentralsultra.id belum lama ini.

“Untuk panelis-panelis yang akan membawakan Materi Simposium festival bajau nusantara tersebut yang sudah dikordinasi dan bersedia ada enam orang yakni, Dr. Ajiep Padindang, SE. MM (Anggota DPD/MPR-RI), Ir Hugua (Anggota DPR-RI), Dr. Abdul Manan (Ketua Kerukunan Bajau Indonesia), Dr. Herlambang (Praktisi Hukum Unair Surabaya), Dr. Tasrifin Tahara. (Antropolog UNHAS), Dr. Sumiman Udu S.Pd.,M.Hum (Rektor Univ Muslim Buton),” lanjutnya.

 

Untuk diketahui para peserta yang tergabung dalam festival nusantara bajau ada 22 (dua puluh dua) provinsi yang ada di Indonesi. Hingga berita ini diterbitkan sudah tujuh provinsi yang sudah konfirmasi kepada panitia untuk hadir diacara festival bajau nusantara.

 

Laporan: Iswanto/Fiat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *