Bawaslu Mubar Gelar Sosialisasi Advokasi Pelanggaran dan Pidana Pemilu

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar sosialisasi advokasi terhadap pelanggaran dan pidana Pemilu, Selasa, (3/3/2020) di Balai Desa Nihi, Kecamatan Sawerigadi.

Dalam kegiatan tersebut, Bawaslu Mubar menghadirkan pihak Kepolisian Resort Polres Muna melalui, Kasat Reskrim Polres Muna AKP. Muh. Ogen Sairi. SH, MM sebagai pemateri dalam pelaksanaan kegiatan ini. BPD, Eks Panwascam, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan sebagai peserta dalam kegiatan itu.

Ketua Bawaslu Mubar, Ishak dalam sambutannya mengatakan walaupun kabupaten Mubar tidak melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pikada), penyelenggara pemilu seperti Bawaslu selalu bersosialisasi tentang pengawasan pemilu dan pemilihan berkelanjutan.

“Sesuai regulasi yang ada, Mubar sudah tidak ada Pilkada tetapi untuk UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu sudah masuk program legislasi nasional untuk dibahas di DPR RI. Namun kami Bawaslu selalu bersosialisasi tentang pengawasan pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan,” ungkap Ishak.

Sementara itu, Koodinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Penanganan Pelanggaran (HPP) LM. Yasri juga mengatakan Bawaslu dengan keterbatasan personil harus bekerja maksimal dalam melakukan dan meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat. Apalagi kami dalam menangani pelanggaran sesuai tagline Bawaslu maka partisipasi masyarakat itu perlu.

“Olehnya itu kami gencar lakukan sosialisasi untuk meningkatkan parsitipasif masyarakat terhadap kegiatan pemilu,” terang Yasri.

Ditempat yang sama, Kapolres Muna AKBP. Deby Asri Nugroho melalui Kasat Reskrim AKP. Muh. Ogen Sairi mengatakan dalam menangani pelanggaran tindak pidana pemilu itu ada tiga lembaga negara di gabung menjadi satu yakni, Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang didalamya yakni, Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan.

Tujuannya adalah menyamakan persepsi dalam menangani tindak pidana pemilu. “Ini dilakukan untuk menekan angka kriminal didalam masyarakat,” ungkap AKP. Muh. Ogen Sairi.

Berharap kepada masyarakat untuk selalu menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban (kamtibmas) dimasyarakat.

“Kepada masyarakat khususnya wilayah hukum Polres Muna agar menjaga kamtibmas dilingkungan masing-masing. Jadilah contoh dan panitan yang terbaik khususnya dalam keluarga kita,” terang mantan Kapolsek Katobu.

Selain itu Kordinator Sekretariat Bawaslu Mubar, Harmin mengungkapkan pihaknya selalu mendukung dan mensupport apa yang menjadi tugas dan fungsi serta kegiatan Komisioner Bawaslu Mubar dalam melakukan sosialisasi pengawasan pemilu berkelanjutan.

“Kami selalu memberikan dukungan serta memfasilitasi kegiatan komisioner Bawaslu,” jelasnya.

Laporan: Hirzan/Fiat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *