Husein Tali Buka Musrembang di Kecamatan Kusambi

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui Sekertaris Daerah (Sekda) LM. Husein Tali membuka kegiatan pelaksanaan Musyawara Rencana Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Kusambi Tahun Anggaran (TA) 2021 bertempat di aula serba guna Desa Kusambi, Selasa, (3/3/2020)

Dalam sambutanya Husen Tali, mengatakan bahwa dalam kegiatan musrembang ini agar melahirkan usulan atau program proiritas yang dapat menyentuh kebutuhan masyarakat. “Anggaran untuk kecamatan Kusambi ini kurang lebih 24 Milyar. Secara umum anggaran yang digelontorkan sebesar 680 milyar se kabupaten Mubar,” ungkapnya.

Dalam kegiatan musrembang ini diharapkan agar program yang di usulkan betul betul proiritas dan kebutuhan yang mendesak untuk di laksanakan. Menyinggung tentang bantuan Dana Bos bahwa itu sudah masuk di anggaran yang 680 milyar dan untuk di 2021 program pembangunan sekola akan diambil alih oleh dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Jadi mengenai pembangunan sekolah, para Kepala Sekolah tidak lagi mengurus pasir, batu, semen, cukup mengurus anak didik saja supaya berprestasi. Jangan lagi membangun suatu program tetapi tidak berfungsi secara keseluruhan sehingga sangat mubazir. Usulan yang diusulkan betul betul proiritas,” jelasnya

Dikesempatan yang sama Kepala Bappeda Mubar, Raden Djamun Sunyoto, dalam sambutanya berharap agar usulan yang di usulkan masing masing Desa tidak berbenturan dengan program DD.

“Jadi kalau sudah diusulkan di DD, jangan lagi diusulkan untuk di anggarkan di APBD. Sehingga tidak tumpang tindih. Usulan yang di masukan berdasarkan kebutuhan proiritas,” ungkapnya.

Sementara itu perwakilan dari DPRD Mubar yakni Ketua Komisi II, Ali Badin mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan aspirasi masyarakat dan akan mengawal usulan yang akan di danai oleh APBD, agar usulun yang di usulkan betul betul usulan yang perioritas sehingga dapat menyentuh aspirasi masyarakat Kecamatan Kusambi.

“Jadi fungsi kami di DPRD adalah fungsi legislasi fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Berharap usulan prioritas masing masing desa ini tidak lagi berubah jangan ada lagi usulan siluman atau usulan titipan sehingga merugikan usulan yang sangat mendesak untuk dilaksanakan,” paparnya.

Untuk diketahui hadir dalam giat Musrembang kali ini adalah, Kepala Bappeda Mubar. Wakil Ketua II DPRD Mubar, Staf Ahli Bupati, para Ketua Komisi DPRD Mubar, Organisasi Perangkat Daerah (Opd) Dandramil Katobu, Kapolsek Kusambi, para Kepala Sekolah, Kapus, Kepala Desa sekecamatan Kusambi dan perwakilan BPD se Kecamatan Kusambi.

Sementara itu Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah menindak lanjuti kegiatan pra Musrembang tingkat Kecamatan dan harapanya agar usulan Kecamatan Kusambi ini dapat di akomodir di Musrembang Kabupaten.

Laporan: Hirzan/Fiat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *