Panwaslu Kecamatan Pasikolaga Muna Lantik Panwaslu Desa

  • Whatsapp

Ketgam: Ketua Panwaslu Kecamatan Pasikolaga, Basrin Toona saat menandatanagi SK Panwaslu Desa Bertempat di balai desa Tamponabale. Foto: LRD.

SENTRALSULTRA.ID, RAHA – Seusai melaksanakan penjaringan panwaslu desa. Panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu), Kecamatan Pasikolaga, Kabupaten Muna, kini sukses melaksanakan pelantikan para Panwaslu Desa se kecamatan Pasikolaga, bertempat di Balai Desa Tampunabale, Jumat, (13/3/2020).

Pelantikan Panwaslu desa sendiri dilakukan oleh ketua Panwaslu Kecamatan Pasikolaga, Basrin Toona, yang dihadiri segenap stake holder dan mitra kerja Panwas Kecamatan Pasikolaga.

Dalam sambutanya Ketua Panwaslu Kecamatan Pasikolaga, Basrin Toona, meminta Panwaslu desa yang resmi dilantik agar dapat menjalan Tugasnya dengan baik. Jagan lupa, tingkatkan indepedensi, profesionaliatas dan yang lebih penting kerja iklas sehingga mewujudkan demokrasi kedepan bisa lebih baik.

“Apalagi, pemilihan Bupati Muna 2020 sebentar lagi akan dihelat. Otomatis tantangan kerja kedepan akan menguji indepedensi kita sebagai lembaga pengawas pemilu,” ujar Asrin (sapaan akrab Basrin Toona).

Panwaslu Kecamatan Pasikolaga saat mengambil sumpah janji para Panwaslu desa yang dilantik. Bertempat di balai desa Tamponabale.
Ketham: Panwaslu Kecamatan Pasikolaga saat mengambil sumpah janji para Panwaslu desa yang dilantik. Bertempat di balai desa Tamponabale. Foto: LRD

 

Lanjut dia, tidak hanya itu, ia juga meminta para panwaslu desa agar memegang teguh janji atau sumpah yang sudah diucapkan dengan ditandai penandatanganan pakta integritas. Dan tak lupa Asrin juga meminta kepada panwaslu desa untuk tetap berkordinasi dengan para mitra kerja yang ada di wilayah masing-masing.

“Yang terpenting ikut aktif dimasyarakat. Dan membantu apa yang menjadi kendala masayarakat terkait dengan kepemiluan. Agar partisipasih pemilih kedepannya, kita harapkan bisa aktif semua. Jadi perann ini juga yang perlu dilakukan bersama-sama,” ucapnya.

Lebih lanjut, sesuai moto kerja Bawaslu, bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan pemilu. Olehnya itu, Asrin mengajak seluruh masyarakat untuk menghindari yang namanya pelanggaran kepemiluan. Baik itu, money politik maupun pelanggaran lainnya.

“Karena kami sadari, pelanggaran pasti terjadi. Olehnya itu, ajakan ini untuk mewujudkan demokrasi yang jujur Tanpa adanya money politik dan pelanggaran lainnya. Semua bisa kita ciptakan apabila kita tekankan dan menghindari namanya pelanggaran kepemiluan,” ulasnya.

Sebelum mengakhir sambutanya, Asrin berharap kepada panwas desa untuk tetap proaktif dalam menjalankan tugasnya. Apabila ditemukan pelanggaran dilapangan, kordinasi langsung dengan pihak Panwaslu Kecamatan. Agar pelanggaran bisa ditindaki bersama.

“Semua yang kami lakukan ini, tidak lain untuk menjalankan fungsi sebagai penyelenggara pemilu dalam hal pengawasan. Jadi kinerja para panwaslu desa akan menentukan sukses dan tidaknya kita dalam bekerja,” tutupnya.

Diketahui nama-nama yang dilantik menjadi Panwas desa, Kecamatan Pasikolaga, diantaranya, Marwati A.Ma, desa Lambelu, La Ode Alisran S.Pd, desa Mataindaha, Asji Takasi, desa Kolese, Aprianto Hisa Rahim SH, desa Tampunabale.

Laporan: LRD/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *