Benarkah Negeriku Belum Siap Tangani COVID-19?

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – COVID-19 atau Virus Corona adalah Virus yang sangat cepat penyebarannya. COVID-19 adalah virus yang disebabkan oleh virus 2019-Ncov. Virus ini menyerang pada saluran pernapasan.

COVID-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Infeksi COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

COVID-19 adalah jenis virus yang sudah termasuk kategori pendemic dalam segala kondisi apapun seseorang bisa terjangkit dan wilayah apapun dengan penyebaran yang sangat cepat.

Menurut saya Indonesia belum siap untuk menangani COVID-19, baik dari segi peralatan medis dan kesadaran masyarakat. Diluar negeri untuk menanggulangi penyeberan virus ini masker dibagikan secara gratis. Di Indonesia Masker menjadi langka dan menjadi sangat mahal.

Di Italia, Korea, Spanyol, Prancis, Denmark, Irlandia, Belanda dan Belgia melakukan Lockdown terhadap negaranya. Di Indonesia masih berkemungkinan warga negara asing untuk masuk. Dan Di Indonesia belum ada tes massal yang dilakukan untuk menangani COVID-19. Bagaimana mau menangani virus tersebut jika tes saja tidak dilakukan. Peribahasa mengatakan “bagai mencari jarum di tumpukan jerami”.

Dan upaya yang dilakukan Indonesia sampai saat ini cuman sebatas meliburkan sekolah dan kampus-kampus. Sedangkan peralatan kesehatan dan obat-obatan masih minim.

Oleh : Muhammad Rasyidin Akbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *