Puskesmas Kombikuno Sosialisasi Pencegahan COVID-19 di Napano Kusambi

  • Whatsapp

Ketgam: Kepala Puskesmas Kombikuno, Jamaluddin saat melakukan sosialisasi dengan menggunakan pengeras suara, Kamis, (26/3/2028). Foto: Istimewa 

 

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Dengan menggunakan Mobil Dinas dan pengeras suara, Puskesmas Kombikuno turun langsung lapangan menyampaikan himbauan tentang pencegahan penyebaran wabah Virus Corona (COVID-19). Kamis, (26/3/2020), dengan cara sosialisasi keliling Desa se Kecamatan Napano Nusambi.

Dalam keterangannya, Kepala Puskesmas (Kapus) Kombikuno, Jamaluddin S.Gz mengatakan, dalam sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19 tersebut, pihaknya menghimbau kepada masyarakat kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) kiranya, untuk tidak berkumpul ditempat keramaian, tetap beraktifitas dirumah kecuali ada kepentingan mendesak, hindari kontak langsung dengan orang lain atau menjaga jarak minimal 1 meter.

Staf Puskesmas Kombikuno memasang Sticker tata cara pencegahan COVID-19

“Inilah yang harus diantisipasi bila ada orang dari luar Daerah ataupun dari luar negeri (habis merantau), maka dari itu dapat diisolasikan dirumah. Tidak boleh keluar Rumah selama 14 (empat belas) hari dan tetap melakukan kordinasi dengan pihak Puskesmas. Dan yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) cuci tangan pake sabun dengan air yang mengalir,” ungkap Jamaluddin.

Lanjut, Jamaluddin ia menghimbau kepada warga agar selalu memakai Masker. “Bila batuk mengkomsumsi makanan sehat, perbanyak makan sayur dan buah lakukan aktifitas fisik seperti olaraga istrahat yang cukup dan jangan lupa berdoa,” terangnya.

Masih kata dia, kepada masyarakat Napano Kusambi mengingat Virus Corona sudah ada di Sultra dan dinyatakan positif 3 (tiga) orang jangan tunggu penyebaran yang meluas apabila kita tidak menahan diri dirumah maka jumlah pasien yang dirumah akan semakin meningkat sementara kemampuan tenaga kami sangat terbatas.

“Apabila kami yang tertular siapa yang akan merawat saudara(i) dan keluarga anda,” imbuhnya.

Dalam himbauan tersebut, antusias masyarakat sangat besar sehingga pihaknya berharap kerjasama dengan pemerintah Kecamatan dan Desa selalu terjalin dengan baik, agar mata rantai dari Virus ini dapat diantisipasi secara total.

Laporan: Hirzan/Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *