Cegah Corona, PPS Kendari : Setiap Kapal yang Sandar dan Tamu kami Semprot Disinfektan

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kota Kendari melakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada Kapal-kapal yang sandar saat membongkar ikan, dan juga pengunjung serta ke tempat-tempat penjualan ikan guna mencegah penyebaran wabah Virus Corona (COVID-19) di wilayahnya.

Dimana telah diketahui sejumlah tempat, terminal angkutan umum dan pelabuhan, pasar-pasar, tempat ibadah di Kendari pun tak luput dari penyemprotan cairan disinfektan tersebut.


Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) kota Kendari, Mansur mengatakan penyemprotan cairan disinfektan ini guna memutuskan mata rantai wabah virus corona. “Sesuai dengan instruksi pemerintah, semua harus waspada dan berupaya mengantisipasi wabah virus corona. Karena itu kami melakukan langkah-langkah antisipasi penyemprotan cairan disinfektan,” ungkap Mansur saat ditemui diruang kerjanya, Rabu, (1/4/2020)

“Adapun tempat-tempat yang kita lakukan dalam penyemprotan cairan disinfektan tersebut yakni di Kapal-kapal yang sandar diwilayah PPS Kendari, dan juga tempat penjualan Ikan yang selalu ramai dikunjungi serta pengunjung,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kepala PPS Kendari mengatakan, penyemprotan di setiap pintu masuk pelabuhan samudera ini tentunya kami sudah lakukan pekan ini. “Pelaksanaannya secara seksama dan bergotong-royong kami sudah lakukan penyemprotan, dengan harapan di area PPS ini selalu Steril supaya pengunjungnya tetap nyaman,” jelasnya.

Sementara itu, terkait pengawasan kapal melalui jalur laut diwilayah PPS Kendari, kata Mansur, pihaknya sudah pastikan tidak ada kapal-kapal dari luar yang seenaknya masuk disini tanpa koordinasi atau melapor kepada pengurus pihak PPS, kami berkomitmen dengan semua pemilik kapal beserta Abk-nya terkait kapal-kapal yang akan masuk.

“Jadi semua kapal itu kami tau. Semua kapal dari Kendari dan berangkatnya juga dari sini, dan tentunya kami mengetahui kapal-kapal tersebut karena semua para kapal semua terdaftar dengan baik di kantor PPS Kendari yang selanjutnya kalau tibah atau berangkat terlebih dahulu di disinfektan,” terang Mansur

Diketahui sebelum Melaut setiap Kapal sudah mempunyai Surat Persetujuan Berlayar (SPB), dan tentunya juga sudah diasuransikan dan kapal tersebut terdaftar oleh pangkalan PPS kota Kendari.

“Pelaut cukup melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) karena data-datanya di PPS sudah ada. Ia hanya melaporkan ada surat tanda bukti kedatangan kapal lalu kami ada adakan penyemprotan cairan disinfektan yang telah kami sediakan, artinya kami pihak PPS Kendari ini lebih mengutamakan pencegahan sebelumnya daripada mengobati atau terjangkit,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala PPS kota Kendari menjelaskan, kalaupun saja ada kapal dari luar pasti akan di tolak karena kapal tersebut tidak terdaftar di Pelabuhan dan tentunya tidak dapat melakukan penjualan atau mendaratkan ikan diluar pangkalan karenanya telah diatur dalam Undang-Undang atau Peraturan Daerah (Perda) kota Kendari.

Dengan adanya musibah besar ini menghimbau kepada seluruh jajaran PPS kota Kendari ataupun para pengunjung, mari sama-sama untuk memerangi Covid-19 ini dengan cara rutin mengukur Suhu yang telah sediakan dan rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitass agar terhindar dari wabah Covid-19.

“Hindari kontak fisik secara langsung dengan orang atau jaga jarak minimal satu meter dan juga menghindari kerumunan banyak orang seperti yang sudah dianjurkan oleh Pemerintah,” tutup Mansur kepada awak media.

 

 

Laporan: Kahar/Edi Fiat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *