Camat Maginti Bersama Pendamping Kecamatan, Rapat Bersama Kades dan Kapus se Kecamatan Maginti Godok APBDesa Cegah Covid-19

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Pemerintah Kecamatan Maginti bersama Pendamping Kecamatan dan Kepala Desa (Kades) serta Kepala Puskesmas (Lapis) untuk membahas rancangan perubahan APBDesa dalam penanganan pandemi Corona Virus (Covid-19) saat ini, Sabtu (4/4/2020).

 

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Camat Maginti, Marwan.

Ada pun poin- poin penting dalam Perubahan APBDesa sekecamatan Maginti diantaranya

Agenda rapat ini, sebagai bentuk menindaklanjuti Menurutnya, sesuai dengan surat edaran Kementerian Desa yang mewajibkan program padat karya tunai dan anggaran penanganan Covid-19 ini.

Menurut pendamping teknis Kecamatan Muhammad Hasrul menerangkan, masyarakat akan disentuh dengan padat karya tunai untuk meningkatkan perkonomian masyarakat.

“Memang betul sekali kenapa padat karya tunai ini diwajibkan, karena mengacu dari surat edaran Kementrian Desa di fokuskan untuk penanganan covid ini, agar masyarakat terbantu dengan keadaan sekarang ini,” ungkapnya.

Disamping program padat karya tunai, dalam rapat tersebut akan ditindaklanjuti dengan mbagikan surat keputusan masing masing kepala desa. Dimana isi suratnya memerintahkan membentuk gugus tugas/relawan Desa lawan covid, dengan keanggotaan dengan tujuan meningkatkan kesehatan Desa, mempercepat penanganan covid melalui sinergi antar perangkat Desa, BPD kelembagaan masyarakat Desa dan Stake holder terkait, meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran covid dan meningkatkan kesiap -siagaan dan kemampuan dalam mencegah dan mendeteksi dan merespon Covid-19 ini.

Gugus tugas yang di bentuk di masing masing Desa di ketuai oleh Kepala Desa dan wakil ketua dari gugus ini adalah Ketua BPD dan anggota serta melibatkan tenaga medis.

Lanjutnya, tugas gugus nantinya adalaj menetapkan dan melaksanakan rencana operasional percepatan dan pengendalian penanganan covid.

Dilapangan mereka akan melakukan pendataan penduduk yang rentan sakit, seperti orang tua, balita serta orang yang memiliki penyakit menahun. Kemudian, melakukan penyemprotan disinfektan hingga melaporkan keberadaan para pendatang.

Untuk diketahui, dalam perubahan APB Desa se Kecamatan Maginti item-item yang akan di belanjakan, yaitu Masker, Sarung tangan, sepatu boot, alat pendeteksi suhu tubuh, baju astronot, baliho pencegahan covid-19 stiker, opersional penjagaan posko Covid-19 yang di jaga 1×24 jam dan lain lainnya.

Sementara itu, Marwan berharap kepada para Kepala Desa se Kecamatan Maginti, agar segera membentuk gugus tugas relawan Desa di Desa masing masing tujuanya adalah untuk mencegah dari pada Civid-19 ini,” saya kira himbauan pertama tentu saya sudah perintahkan tadi mulai hari Senin silakan lakukan sosialisasi bersama perangkat Desa dan BPD, untuk mensosialisakan bahaya penyebaran virus ini dan juga melakukan antisipasi menjaga kebersihan lingkungan rajin cuci tangan di setiap kunjunganya dan sesering mungkin minum air hangat,” pungkasnya.

 

Laporan: Hirzan/Fiat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *