Danlanal Kendari Alumni AAL 1998, Pernah Jadi Wadan Satgas MTF di Lebanon

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia merupakanl alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1998. Resmi dilantik sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kendari menggantikan Kolonel Laut (P) Baharudin Anwar.

 

Andike Sry Mutia pernah mengemban misi perdamaian di Lebanon. Kala itu dirinya menjadi Wakil Komandan (Wadan) Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) United Nation Interim Force in Lebanon (UNIFIL) di perairan Lebanon selama satu tahun.


“Saya dikirim dari kesatuan, untuk pengamanan diwilayah perairan negara Timor Tengah dibawah bendera PBB tahun 2015,” ungkapnya saat silaturahmi dengan insan pers di Mako Lanal Kendari, Rabu (22/4/2020).

Satu tahun menjalankan misi perdamaian, pada tahun 2016 mereka kembali ketanah air.

Menurutnya, itu pengalaman yang luar biasa saat menjalankan misi perdamaian dunia amat membanggakan, dan sudah pasti menjadikan pengalaman baru yang sangat berharga baik bagi prajurit itu sendiri, maupun dalam menghadapi tugas-tugas TNI dimasa yang akan datang. Disamping menambah pengalaman bagi prajurit itu sendiri juga sangat mambantu bagi negara-negara yang menerima bantuan kemanusiaan dari tim TNI.

Operasi pengamanan diwilayah maritim membuat dia merasa Bangga bisa berkesempatan bertugas di Lebanon.

“Ini akan menjadi kenangan dan pengalaman yang berharga bisa bertugas di Banyuwangi. Saya juga merasa bangga pernah ambil bagian ikut melakukan operasi disana,” katanya.

Diakuinya, keikutsertaan TNI dalam menjalankan misi perdamaian merupakan implementasi terhadap amanat konstitusi.

 

Laporan: Ningsih/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *