Belum Kantongi Izin Tersus, Aktivitas PT CSM Diduga Ilegal

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – PT Citra Silika Mallawa (CSM) yang beroperasi di Kolaka Utara (Kolut) diduga melakukan kegiatan pengapalan secara ilegal.

Menurut Ketua Pergerakan Pemuda Mahasiswa Kolaka Raya, Nur Alim, Kamis 23 April 2020, PT CSM hanya dibolehkan melakukan kegiatan Penambangan (Eksploitasi) tidak diizinkan untuk melakukan pengangkutan ataupun pemasaran. Pasca PT CSM memenangkan gugatan di PTUN atas status Izin Usaha Pertambangan (IUP) beberapa waktu lalu.


“Kalau misalnya dokumen IUP PT CSM telah aktif. Maka IUP tersebut baru sebatas melakukan kegiatan eksploitasi dan belum dibolehkan melakukan kegiatan pengangkutan dan pemasaran,” katanya

Lanjutnya, kendatipun telah dinyatakan berlaku aktif melalui Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun PT CSM belum memiliki dokumen terminal khusus (Tersus)  atau terminal untuk kepentingan sendiri (Tuks).

“Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi. Bahwa untuk saat ini PT CSM belum mengantongi ijin pegoprasian Tersus maupun Tuks,” ujarnya.


Sehingga Alim menduga, melenggangnya kegiatan pengapalan PT CSM di Desa Sulaho Kecamatan Lasusua, Blok Sua-sua ini, sebab sejumlah oknum pejabat telah menerimah suap. Selain itu area yang dikelolah PT CSM merupakan lokasi yang telah direklamasi.

“Yang kami soroti bukan hanya kegiatan PT CSM tapi juga yang ada saat ini di Kecamatan Batu Putih. PT CSM selain tidak mengantongi ijin Tersus, juga telah merusak tanaman reklamasi,” cetusnya.

Alim juga menjelaskan, kebijakan Syahbandar Kolaka dalam penerbitan surat persetujuan berlayar terhadap kapal-kapal yang mengangkut ore/biji nikel yang beroperasi di Kolut harus dipertanyakan sebab Kementrian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengeluarkan surat edaran dengan nomor surat A1820/08/85/KSOP. KDI.19 perihal penerbitan terkait SPB dan SPOG kepada tiap-tiap UPP termasuk pada UPP Kolaka.

Laporan: TIM.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *