Sumbangan Kemanusiaan Penambang Diinisiasi Dinas ESDM Sultra Untuk Cegah Covid-19

  • Whatsapp

Ketgam: Kedua dari kanan, Kepala Bidang Mineral dan Batu Bara Dinas ESDM Sultra, Yusmin bersama Kepala seksi Pemetaan dan Pemberian IUP Mineral Logam dan Batubara, Baju kuning, Nining Rahmatia saat meninjau sejumlah penambang yang sedang melakukan pembongkaran di aula ESDM Sultra, Kamis, (23/4/2020). Foto: Edi Fiat.

 

 

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Bantuan logistik untuk menanggulangi dampak Virus Corona (Covid-19) terhadap masyarakat, sejak Rabu, (22/4/2020) terus berdatangan ke kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, (ESDM), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Bantuan Sembako seperti beras, minyak, gula, mie instan dan kebutuhan hidup lainnya itu berasal dari perusahaan pertambangan yang beroperasi di Sultra.

 

Aktifitas di instansi tersebut pun berubah, jika sebelumnya terlihat para pengusaha berlalu lalang dengan berpakaian rapi sekedar mengurus dokumen perusahannya, kali ini terlihat kendaraan dengan bak terbuka yang memuat berbagai jenis bantuan datang silih berganti melakukan aktifitas bongkar muat, di depan Pintu masuk ESDM Sultra. Ruang aula ESDM yang biasanya menjadi tempat membahas hal-hal penting di instansi tersebut, kini dipenuhi tumpukan karung beras dan kebutuhan pokok lainnya yang berasal dari para pengusaha.

Sepintas diamati mungkin hal biasa saat ini mengingat covid -19 yang sedang mewabah, namun jika ditengok dari sisi kemanusiaan, ini adalah peran nyata dalam merespon masalah ekonomi akibat dampak covid-19.

Kendati demikian, kesadaran dan reaksi secara spontan tersebut juga membutuhkan komunikasi, ketegasan dan koordinasi. Artinya meskipun memiliki keinginan untuk membantu, namun jika tak ada yang memediasi atau menggerakannya, takkan mampu mengumpulkan bantuan dalam kurun waktu yang singkat. Dalan tempo dua hari saja, logistik yang terkumpul telah mencapai berton-ton beras belum lagi kebutuhan lainnya.

Hal itu tidaklah mudah, mengingat banyak pengusaha pertambangan yang telah menyalurkan bantuannya sendiri ke lokasi penambangannya masing-masing. Namun dengan komunikasi dan koordinasi yang baik, para pengusaha tambang tersebut juga memberikan sumbangan yang diporsikan untuk masyarakat Sultra, baik itu daratan maupun kepulauan. Pasalnya, tidak semua daerah di Sultra memiliki kekayaan tambang berupa nickel dan lainnya. Namun mereka juga memiliki hak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Setelah kami layangkan surat dari Gubernur Sultra, hari itu juga mereka merespon dengan cepat. Keinginan perusah√†an tambang ini untuk menyumbang sangat besar, bahkan mereka sudah menyumbang sendiri di lingkungan dimana mereka menambang. Ini persoalan ekonomi yang sangat mendasar bagi manusia,” ungkap Yusmin, Kabid Mineral dan Batu Bara (Minerba) Dinas ESDM Sultra.

Setelah terkumpul nanti, bantuan logistik berupa sembako itu bakal diserahkan ke Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid -19 Sultra yang diketuai langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi yang selanjutnya bakal disalurkan oleh pihak terkait. Pada dasarnya, ESDM hanya memfasilitasi serta mengumpulkan bantuan dan yang memiliki wewenang adalah Satgas Covid untuk melaksanakan langkah selanjutnya terhadap bantuan tersebut.

 

 

Laporan: Redaksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *