Penyegelan Alat Berat PT Bososi Pratama Oleh Bareskrim Polri Dipertanyakan

  • Whatsapp

Ketgam: Tim investigasi Mabes Polri saat melakukan penyegelan di kawasan IUP PT Bososi Pratama. Foto: Istimewa.

 

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI РAksi penyegelan sejumlah alat berat perusahaan tambang di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), oleh Badan Resort Kriminal (Bareskrim) Markas  Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menuai pertanyaan publik. PT Bososi Pratama adalah salah satu perusahaan Tambang yang disegel oleh Bareskrim Polri, pada Selasa, (17/3/2020) lalu, karena diduga menambang ore nickel di kawasan hutan lindung di Desa Marombo Pantai, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sultra.

Menyikapi hal itu, Ketua Umum Barisan Aktivis Keadilan (Bakin) Sultra, La Munduru, Senin, (26/4/2020) mengatakan, informasi yang dihimpun pihaknya, Kedatangan Bareskrim jauh-jauh dari Jakarta berdasarkan keluhan masyarakat di kabupaten Konawe yang berbatasan langsung dengan kabupaten Konut, pada saat wilayah tersebut diterjang banjir pada tahun 2019 lalu. Kuat dugaan, banjir terjadi karena pembalakan akibat maraknya penambangan liar diwilayah tersebut.

Ketua Bakin Sultra, La Munduru.

“Sudah sejauh mana kasus ini bergulir Ini tidak pernah di infokan ke publik padahal informasi PT Bososi Pratama sudah santer di beritakan di media,” tanyanya.

La Munduru juga meminta kepada Kepolisian daerah sulawesi tenggara (Polda Sultra) khususnya Direktorat Kriminal Khusus (Direskrimsus) untuk membantu tim Mabes Polri, agar dugaan pelanggaran ini jelas perkembangannya.

“Jangan hanya main segel saja, tapi tidak ada perkembangannya. Kalau salah, ya harus diproses. Dimata hukum satus kita sama,” tutupnya.

Sementara itu wartawan sentralsultra.id mencoba mengkonfirmasi Polda Sultra dalam hal ini Dirkrimsus melalui pesan Watshap, Senin, (27/4/2020), hingga berita ini diterbitkan belum memberikan keterangan atau belum merespon.

 

Laporan: Redaksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *