Menambang Bebas Diluar IUP, PT Amin Diduga di Back Up Penuh oleh Oknum Aparat

  • Whatsapp

Ketgam: Dua korban jiwa kecelakaan tertimbun tanah akibat dugaan illegal mining oleh PT Amin. Foto: Istimewa.

 

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – PT Alam Mitra Indah Nugraha (AMIN) diduga mendapat dukungan Penuh dari oknum aparat kepolisian daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sultra dalam melakukan dugaan illegal mining di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut)?.

Pasalnya PT Amin tersebut memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) Nomor : 540/331/214 tepatnya berada di Desa Patikala, Kecamatan Tolala, Kolut, Sultra, yang dimana saat ini telah diduga menambang di luar IUP miliknya. Hal tersebut diungkapkan Ketua Pergerakan Pemuda Mahasiswa Kolaka Raya, Nur Alim, Jumat (1/5/2020).

Ketgam: Tanaman reklamasi yang dirusak akibat dugaan aktivitas PT Amin di Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua. Foto: Istimewa.

“Kami sangat menyayangkan tindakan oknum aparat penegak hukum dalam hal Ini Polda Sultra dan Dinas ESDM Sultra yang terkesan melakukan pembiaran terhadap segala kegiatan PT Amin,” ujar Alim sapaan akrabnya.

Menurut Alim, PT Amin diketahui selalu melakukan eksplorasi hasil bumi diluar titik koordinat tetapi sampai hari ini, tak kunjung ada penindakan. Lebih parahnya lagi adanya desas desus pencatutan nama petinggi di kepolisian Polda Sultra.

Lanjut Alim, tahun 2019 lalu PT Amin melakukan hal serupa (illegal mining) tepatnya di Kecamatan Lasusua, yang berjarak ratusan kilometer dari IUP mereka, tepatnya di Desa Sulaho lokasi eks PT Putra Dermawab Pratama (PDP) dan PT Citra Silika Mallawa (CSM) hingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yaitu anak di bawah umur dan operator excavator.

“Kejadian ini pun telah Kami laporkan secara tertulis dan diketahui oleh Polda Sultra dan ESDM. Namun sampai saat ini Tidak pernah ada penindakan yang dilakukan terhadap PT Amin,” imbuhnya.

Aktivitas PT Amin pun berlanjut di Kecamatan Batu Putih, dimana lokasi tersebut lagi-lagi berada diluar titik koordinat. Hal ini, membuktikan adanya bekingan terhadap PT Amin. Karena hingga Kini PT Amin dengan leluasanya melakukan aktivitas ilegal mining.

“Jika dalam waktu dekat pihak Polda Sultra tidak mengambil tindakan tegas terhadap PT Amin, maka ami akan melaporkan hal Ini ke Propam dan Mabes Polri,” tutup Nur Alim.

 

Laporan: Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *