Pemdes Gala Mubar Segera Salurkan BLT Dampak Covid-19 ke Masyarakat

  • Whatsapp

Ketgam: Kepala Desa Gala, Sirajudin tengah memimpin Musyawarah Desa (Musdes) khusus bersama warga desa terkait penetapan penerima BLT dampak Covid-19. Foto: Hirzan.

 

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Mengacu pada Peraturan Menteri Desa PDTT nomor 6 Tahun 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Gala, Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna Barat (Mubar) segera salurkan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun Anggaran 2020.

Diketahui bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT, yang berhak menerima BLT Dana Desa (DD) adalah mereka diluar dari pada yang mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), juga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta Bantuan Sosial (Bansos) lainya seperti, KIP, Kartu Pra Kerja dan bantuan sosial lainnya serta PNS, TNI-POLRI.

“Untuk itu, Pemdes Gala segera menindak lanjuti Surat edaran Kementerian Desa (Kemendes) tersebut dengan melakukan pendataan Warga miskin yang berdampak dengan wabah Covid-19. Setelah itu Pemdes Gala melakukan pendataan bersama BPD, dan selanjutnya mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) khusus bersama Pendamping Lokal Desa (PLD) yang disaksikan oleh Babhinkabtibmas dan Babinsa wilayah hukum desa Gala,” ungkap Kepala Desa (Kades) Gala, Sirajudin, Minggu, (3/5/2020).

“Hasil dari Musdes tersebut, telah disepakati dan menetapkan beberapa warga Miskin yang akan menerima bantuan BLT tersebut yakni, sebanyak 97 (sembilan puluh tujuh) Kepala Keluarga (KK),” lanjutnya

Ketgam: Kepala Desa Gala, Sirajuddin saat memimpin musyawarah desa khusus terkait akan dicairkannya dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020. Foto: Hirzan.

 

Lebih lanjut, Kades Gala, mengatakan bahwa, untuk di Desa Gala seperti Guru Honorer yang mendapatkan sertifikasi atau Dacil tidak mendapatkan BLT dikarenakan mereka punya tunjangan setifikasi dan Dacil.

“Jadi yang tidak dapat dana BLT merupakan penerimah PKH Bansos lainya seperti KIP, PNS dan Guru Honorer dan juga para sertifikasi serta Dacil, dan ini sudah di sepakati melalui musyawarah Desa. Khusus diluar dari kriteria yang ada semua di berikan,” beber Kades Gala

Dalam musyawarah tersebut, telah disepakati untuk penyaluranya secara tunai dan dikawal langsung Babhinkamtibmas, Babinsa, PD, dan seluruh masyarakat dan di tandai dengan berita acara serah terima bantuan dan kwitansi penerimaan.

“Insya allah, besok hari Senin, 4 Mei 2020 kami akan konsultasikan ke Bupati melalui Camat untuk segera di buatkan persetujuan atau rekomendasi pencairan sehingga kalau tidak ada arah melintang, hari Selasa atau hari Rabu kami sudah bisa mencairkan Dana,” terang Kades Gala.

Kades 2 periode ini juga mengatakan bahwa, pihaknya berupaya semaksimal mungkin satu dua hari ini masyarakat sudah bisa menerimah BLT dari anggaran DD tersebut, sehingga masyarakat bisa sedikit terbantu dari dampak Covid-19 ini apalagi ini Bulan Ramadhan. “Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup sehat selalu memakai masker kalau berpergian, jaga jarak, sesering mungkin mencuci tangan dan jangan lupa berdoa kepada Allah agar musibah wabah ini cepat berlalu,” tutup Sirajuddin.

 

Laporan: Hirzan/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *