Finalisasi Penerima BLT-DD 2020 Dampak Covid-19 Desa Kasakamu Sebanyak 149 KK

  • Whatsapp

Ketgam: Sejumlah tokoh dan aparat desa Kasakamu saat musyawarah desa khusus, finalisasi penerima BLT-DD tahun 2020. Foto: Hirzan.

 

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO- Seiring Dampak Covid-19 yang belum berujung, Pemerintah Pusat mengucurkan Anggaran untuk menanggulangi keterpurukan masyarakat akibat wabah Covid-19 ini, dengan mengalokasikan Anggaran Dana Desa (DD) untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun Anggaran 2020.

Dengan Dampak Covid-19 ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Kasakamu, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) memberikan BLT-DD kepada masyarakat Miskin dampak Covid-19 yang bersumber dari DD

Pelaksana Tugas (Plt) Desa Kasakamu La Ramuna mengatakan, bahwa kebijakan itu tertuang dalam peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No.6 Tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Menteri PDTT No.11/2019 tentang prioritas pembangunan Dana Desa Tahun 2020.

“Ya benar ini sudah sesuai Regulasi yang telah ditentukan, yang mendapatkan kucuran Dana ini, adalah Masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 dan yang kehilangan mata pencaharian. yang bisa menerima BLT dari DD yakni warga masyarakat yang tidak pernah tersentuh dengan Bantuan Sosial (Bansos) seperti, Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bansos lainya baik dari Propinsi Maupun Daerah,” ungkapnya, Senin (11/5/2020).

Lanjut, La Ramuna menjelaskan adapun rincian besaran BLT DD ini yakni, sebesar 1,8 Juta Per Kepala Keluarga (KK) selama 3 (tiga bulan) yang dimulai dari April 2020 sampai dengan Juni, “Penerima BLT-DD akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 Ribu per bulannya selama 3 bulan, sehingga total keseluruhan untuk satu KK sebesar Rp1,8 Juta,” jelasnya.

Sedangkan proses tahapan pendataan di lakukan oleh Relawan Covid-19 sesuai regulasi yang ada pada Peraturan Menteri Desa No.6 Tahun2020 kemudian hasil pendataan di finalisasi di Musyawarah Desa Khusus di hadiri para Relawan Covid dan dan beberapa tokoh masyarakat dan juga tokoh pemuda dan di tetapkan oleh PLT Kades Kasakamu dan akan mendapatkan pengesahan oleh Camat.

Dalam Musyawarah Desa (Musdes) Khusus finalisasi penerimah BLT-DD tahun 2020 di sepakati untuk Desa Kasakamu berjumlah 149 KK. “Jadi berdasarkan hasil Musdes tersebut untuk penerima BLT-DD, Desa kasakamu berjumlah 149 KK,” terang La Ramuna kepada media ini.

Berharap dengan bantuan BLT-DD dapat digunakan dengan baik, dan saya selaku Pemdes Kasakamu sangat bersyukur dengan BLT yang di programkan oleh Pemerintah Pusat. Dengan munculnya Regulasi ini, dengan sigap pihak kami merespon dengan cara melakukan pendataan sesuai dengan petunjuk Kementerian Desa.

“Pendataan yang kami lakukan adalah dengan metode door to door atau dari rumah ke rumah. Cara ini di lakukan agar bantuan dari Pemerintah Pusat ini melalui DD betul-betul tepat sasaran. Dirinya juga tak lupa menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga pola hidup sehat, pakai Masker dalam berpergian atau beraktifitas, sesering mungkin mencuci tangan, jaga jarak, tidak kumpul-kumpul dan yang terpenting jangan lupa berdoa kepada sang khalik agar wabah ini cepat teratasi.” Tutupnya.

Laporan: Hirzan/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *