Kapolda Sultra Bersama Danrem 143/HO Kunjungi Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Lahundape

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Irjen Pol Merdisyam bersama Komandan Korem (Danrem) 143 Halu Oleo (HO), Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan berkunjung ke Kampung Tangguh Nusantara Berbasis Tiga Dimensi yang terletak di RT 13, Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat, (3/7/2020).

Kampung tangguh nusantara berbasis tiga dimensi dimaksud adalah menerapkan protokol Covid-19 secara swadaya sekaligus menyiapkan standar kesiapsiagaan berbasis masyarakat.


Kapolda Sultra, Irjen Pol Merdisyam di sela- sela kunjungannya mengatakan kampung tangguh nusantara tiga dimensi terdiri dari tiga hal ketahanan yakni, Kampung yang berbasis Ketahanan Kesehatan, Ketahanan Keamanan dan Ketahanan Ekonomi atau Pangan.

“Ini untuk bagaimana dengan menangani atau menghadapi Pandemi Covid-19. Artinya masyarakat yang ada didalamnya dengan kemampuan dengan sumber daya segala hal yang dapat untuk mengelola lingkungannya itu sendiri,” ungkap Merdysyam.


Lanjut Kapolda menjelaskan, seperti dari ketahanan kesehatan bagaimana menerapkan protokol kesehatan dengan membiasakan menggunakan masker, melakukan sosial distancing dan selalu mencuci tangan. Selain itu dari sisi Keamanan, Bagaimana masyarakat dapat melakukan memproteksi dini dari gangguan keamanan yang berasal dari luar kampung, disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini, dan Ketahanan Ekonomi atau Pangan dengan konsep memberdayakan pemanfaatan lahan kosong yang ada dengan menanam sejumlah tanaman yang bermanfaat bagi warga di kampung tangguh nusantara ini.

“Jadi dengan adanya kampung tangguh ini ada kesinambungan dan kerjasama antara TNI/Polri dan Pemerintah yakni Babinsa, Babinkamtibmas serta lurah yang akan membantu pengelolaan swadaya masyarakat dalam memwujudkan tiga ketahanan itu,” beber Irjen Pol Drs Merdisyam.

Ditempat yang sama Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan mengatakan ucapan sangat senang dan bangga dengan program pihak kelurahan dan saya sangat setuju seperti apa yang disampaikan pak Kapolda. Ini kita akan jadikan kampung Pallet Wood Projects untuk menstimulasi wilayah lain agar mencontoh seperti ini. “Kalau disini bisa harusnya ditempat lain juga bisa. Tinggal kemauan ada atau tidak,” terang Danrem 143/HO.

Sementara itu Lurah Lahundape, Hery mengucapkan terimakasih kasih atas kunjungan bapak Kapolda Sultra, Irjen Pol Merdisyam dan bapak Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Kapolres Kendari, Dirbinmas Polda Sultra, Camat Kendari Barat, Tokoh Masyarakat serta jajaran lainnya yang telah mengikuti berlangsungnya kegiatan ini.

Saya selaku Lurah Lahundape, tak lupa menyampaikan apresiasi peran serta partisipasi masyarakat dalam melakukan aktivitas untuk mewujukan terbentuknya kampung tangguh nusantara yang berbasis tiga dimensi ini, sehingga menjadi icon pilot project.

“Saya sangat mengapresiasi sekali atas dukungan dan peran sertanya masyarakat dalam mewujudkan kampung tangguh Nusantara ini,” ujar Hery.

 

Laporan: Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *