Pelayanan Disdukcapil Kota Sorong Sempat Ditutup, Kadis: Masyarakat Tak Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, SORONG – Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sorong, Onesimus Assen, memberikan klarifikasi terkait aksi Demonstran sejumlah Masyarakat di Kantor Walikota Sorong mengenai Penghentian Pelayanan sementara Disdukcapil.

Onesimus Assen menjelaskan, dirinya mengganggap aksi protes masyarakat di kantor Walikota Sorong pada hari Selasa tanggal 7 Juli 2020 kemarin adalah hal yang biasa. Dimana kebijakan keputusan yang di ambil untuk menutup Pelayanan sementara itu hal tepat, pasalnya sejumlah masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan sehingga aktivitas pelayanan ditutup.

Kadis Disdukcapil juga merasakan kejadian tersebut, Masyarakat yang bereaksi itu memang wajar-wajar saja sebab mereka mengantri mulai dari pukul 06:00 WIT dan tiba-tiba saja ada Pengumuman pemberitahuan bahwa, Aktivitas dan Pelayanan harus dihentikan, akhirnya Masyarakat menjadi emosi, kesal, kecewa dan masyarakatpun segera mengadukan hal tersebut ke bapak Walikota Sorong.

Sebenarnya langkah-langkah yang di ambil Pemerintah kota Sorong ini berdasakan pada situasi dan kondisi yang memang tidak mengizinkan yakni dengan adanya Covid-19, yang dimana tidak boleh ada yang berkumpul. “Ini sangat membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat kota Sorong sendiri,” ujar Onesimus Assen. Jumat, (10/7/2020).

Onesimus Assen menjelaskan, itu semua atas Perintah Walikota Sorong untuk menutup Pelayanan sementara kepada masyarakat apabila ada masyarak yang berkerumun, ini untuk terhindar tertularnya wabah Covid-19 yang mematikan ini.

“Kami sudah berusaha untuk menjelaskan kepada Masyarakat tentang mengapa pelayanan ini di tutup, Karena masi ada saja warga yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan oleh kementerian kesehatan terpaksa kami hentikan sementara,” beber Onesimus Assen kepada media Sentralsultra.id.

“Saat itu terjadi lonjakan massa dan tidak mau keluar, mereka menganggap bahwa pemberhentian Pelayanan sementara ini atas inisiatif saya sendiri sebagai Kadis Disdukcapil, padahal itu atas Perintah atasan saya dalam hal ini bapak Walikota sendiri,” lanjutnya.

Masih kata Onesimus Assen menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat ini akses Pelayanan kembali dibuka akan tetapi kami memakai cara Pembaharuan jadwal Pelayanan, namun diharapkan juga bagi semua Masyarakat khususnya warga kota Sorong harus mengikuti persyaratan Protokol Kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak agar kedepan tidak menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan.

“Saya berharap kepada seluruh warga kota Sorong tetap mematuhi aturan dari protokol kesehatan agar kita terhindar dari tertularnya wabah Covid-19 berbahaya ini dan juga mari kita berdoa kepada sang Pencipta agar Wabah ini segera berlalu,” ajak Kadis Disdukcapil Onesimus Assen.

Laporan: Suhaida Ode, Kabiro Papua Barat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *