KKS Bansos Pangan Tahap II Kecamatan Puuwatu Kota Kendari Mulai Disalurkan

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) bekerjasama dengan Bank Republik Indonesia (BRI). Hari ini, Senin 13 Juli 2020 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bantuan Sosial (Bansos) Pangan Tahap II (dua) mulai disalurkan. Dalam Penyaluran KKS Bansos Pangan tahap II tersebut disalurkan di Aula Kelurahan Puuwatu, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari.

Ditemui Pendamping Kesejahteraan Sosial Kecamatan Puuwatu, Kartini Kasta mengatakan, hari ini kita membagikan KKS Bansos Pangan tahap II di 2 (dua) Kelurahan yakni, Kelurahan Abeli Dalam dan Kelurahan Puuwatu. KKS Bansos Pangan tahap II ini kita salurkan sebanyak 149 (seratus empat puluh sembilan) Kepala Keluarga (KK) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 2 Kelurahan tersebut.

Ketgam: Suasana dalam penyaluran KKS Bansos Pangan tahap II di Aula Kelurahan Puuwatu. Foto: Edi Fiat.

“Bantuan yang diberikan kepada KPM penerima KKS Bansos Pangan senilai, Rp200 (dua ratus) ribu. Geseknya sama dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) reguler yaitu berupa sembako,” ungkap Kartini.

Kartini menjelaskan, Kriteria calon KPM akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan. “Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yakni bank BRI, kantor kelurahan dan kantor walikota, setelah itu verifikasi data selesai, penerima Bansos Pangan akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan KKS yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan serta Penerima Bansos Pangan yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat untuk melakukan transaksi pembelian bahan pangan menggunakan KKS,” beber Kartini disela-sela penyaluran KKS.

Untuk diketahui Penerima KKS Bansos Pangan tahap II untuk Kecamatan Puuwatu sebanyak 727 (tujuh ratus dua puluh tujuh) KK.

“Kita semua berharap agar bantuan ini dapat di manfaatkan dengan baik” harap Pendamping Kecamatan Puuwatu.

Ditempat yang sama salah satu Penerima KKS Bansos Pangan Kelurahan Abeli Dalam, Ibu Seniwati mengungkapkan, rasa syukur ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI atas bantuan yang diberikan kepada kami.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kemensos RI karena sudah peduli kepada kami masyarakat yang ekonomi lemah ini, bantuan yang telah kami terima hari ini akan kami gunakan sebaik mungkin. Dimana kami sedang kesulitan masalah ekonomi akibat adanya wabah Covid-19 ini, yang berimbas pada pekerjaan kami,” ungkap ibu tiga orang anak ini.

Laporan: Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *