Koordinasi Bagus, Rajiun Tumada Selesaikan Jalan Nasional dan Provinsi di Mubar

  • Whatsapp

Bupati Muna Barat, La Ode M. Rajiun Tumada.

 

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Tidak butuh waktu lama Jalan Jalur Provinsi dan Nasional yang ada di Kabupaten Muna Barat (Mubar) tuntas terselesaikan dalam kurun waktu dua Tahun. Ini tidak terlepas dari koordinasi dan komunikasi yang proaktif yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Pusat. Semua ini dilakukan oleh Pemkab Mubar untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar bagi masyarakat demi untuk menggairahkan arus perkonomian dan juga peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Mubar, Laode M. Rajiun Tumada, Rabu, (12-8/2020).

Rajiun sapaan akrabnya mengatakan, dalam rangka memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat Pemerintah harus proaktif dan ini juga dalam rangka proses penyelenggaraan pemerintah di bidang pembangunan. Pemkab harus proaktif membangun komunikasi baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional demi pembangunan di Daerah khususnya Muna Barat terkait infrastruktur dasar di tuntaskan.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita didalam pelaksanaan pembangunan untuk membawah energi baru untuk masyarakat jika Jalan jalur Provinsi dan Nasional serta Jalan Kabupaten bersamaan di bangun dan ini sudah tugas pemerintah harus proaktif di komunikasikan,” terang Rajiun.

Lanjut Rajiun mengatakan, komunikasi yang dimaksud yakni koordinasi internal dan eksternal. “Internal adalah menyangkut hal-hal administrasi kalau itu di lakukan saya kira cepat di selesaikan kalau hanya persoalan administrasi,” ujarnya.

Masih mantan Kasat Pol PP Sultra ini mengatakan, kalau jalan Provinsi tergantung pemimpin di Daerah dan harus setiap tahun harus di koordinasikan atau laporan ke Gubernur.

“Gubernur itu sudah punya data akurat untuk setiap Kabupaten Kota, persoalanya data yang tidak lengkap berarti tidak ada laporan/ informasi terhadap Provinsi ini menjadi bagian yang harus di evaluasi dan di tindak lanjuti demi kebutuhan dan kepentingan dasar masyarakat,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Koordinator Media Center Pembangunan PUPR Mubar, Surachman mengatakan, untuk jalan Provinsi dan jalan Nasional telah tuntas di hitamkan.

“Ya benar sekali untuk jalan Provinsi sepanjang 15,2 KM, mulai dari perbatasan Muna dan Muna Barat di Punto sampai dengan perbatasan Muna dan Mubar di Lindo yang sudah di Aspal. Kemudian untuk jalan Nasional mulai dari Lagadi sampai Tondasi sepanjang 25 KM juga sudah tuntas teraspal,” jelasnya.

Menurut Surachman, untuk perbaikan jalan itu Pemkab Mubar setiap Tahunya selalu mengusulkan kepada Satuan Kerja (Satker) baik di Pusat maupun di Provinsi.

“Semua ini tegantung komunikasi dan koordinasi yang baik, dan ini sudah di lakukan oleh Bupati Mubar dan juga itu semua terbangun karena network yang luas dari seorang sosok Rajiun,” tutupnya.

Laporan: Hirzan/Fiat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *