PMII Himbau Warga Kota Kendari Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dengan Mewaspadai Paham Anti Toleransi

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Ketua umum PMII Kota Kendari, Khiroto Alam Achmad menghimbau masyarakat harus lebih meningkatkan jiwa Nasionalisme untuk mewaspadai intoleran dengan memasang bendera merah putih pada momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang Ke 75 tahun.

“Untuk menghargai pahlawan nasional yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak cukup pemerintah saja, TNI dan Polri harus menghimbau masyarakat yang tidak punya kesadaran untuk memasang bendera merah putih, apalagi dengan kondisi bangsa hari ini yang semakin hari banyak bermunculan paham radikalisme dan anti toleransi bahkan ada juga yang anti Pancasila,” ungkap Khiroto Alam Achmad, Jumat, 14 Agustus 2020.

Lanjut Khiroto Alam mengatakan, semangat kemerdekaan harusnya tidak sebatas seremonial untuk mengugurkan kewajiban saja. Namun, peringatan kemerdekaan harus mampu menumbuhkan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Karena perbedaan merupakan sebuah fitrah manusia maka kemajemukan bangsa ini adalah suatu anugrah dari Tuhan Yang Maha kuasa.

“75 tahun bukan waktu yang singkat dalam menjalankan bangsa ini, banyak hal yang telah kita lalui mulai dari orde lama, orde baru hingga revormasi. Sebagai negara Bhinneka Tunggal Ika, dengan segala perbedaan yang ada justru membuat bangsa kita semakin kuat dan kokoh dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dalam rangka membangun NKRI untuk Indonesia Maju sesuai dengan tema kemerdekaan kali ini,” terangnya.

“Maka di Peringatan 17 Agustus ini Masyarakat jangan hanya menjadikan hal ini sebagai rutinitas tahunan tapi bagaimana seluruh masyarakat memanfaatkan sebagai proses introspeksi demi kemajuan bangsa ini,” sambungnya.

Laporan: Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *