Santri Pondok Tahfidz Khalilul Quran Kolaka Wakili Sultra ke MTQ Tingkat Nasional

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KOLAKA – Meski baru berdiri 3 (tiga) tahun lalu, Pondok Tahfiiz Khalilul Quran di Kabupaten Kolaka, telah mngirimkn anak didik sebanyak 16 (enam belas) santri dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 28 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, (Sultra) yang digelar secara virtual yang diikuti 8 (delapan) Kabupaten di Sultra. Dari jumlah yang mengikuti MTQ itu santri yang berasal dari pondok Tahffiiz Khalilu Quran berhasil meraih peringkat I, II, dan III yang akan mewakili Provinsi Sultra ke MTQ tingkat Nasional yang akan digelar di Padang Sumatra Barat (Sumbar). Hal tersebut telah disampaikan oleh pimpinan pondok, Ustadz Muslim, S. Pdi. Selasa, 29 September 2020.

“Alhamdulillah Pondok Tahfiiz Khalilul Quran berhasil meraih Peringkat I, II, dan III yang akan mewakili Provinsi Sultra ke MTQ tingkat Nasional yang akan digelar di Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada bulan november 2020 nanti. Dimana diantara dari 16 Santri khalilul Quran tersebut, yang lulus ikut lomba Tafsir bahasa Arab, Hifzil Quran 1 juz dan Tilawah, Syahril Quran tingkat Nasional, alhamdulillah ada 3 orang diantara, Nur Azhari Alsafira Imaran, Dwi Adam Surya dan Nisaul Bintu Has,” ungkapnya.

Secara kasat mata, meski kondisi bangunan Pondok Posantren tersebut masih sangat memprihatinkan, namun pondok posantren yang baru berusia 3 tahun itu sudah memiliki santri yang berprestasi.

“Dalam setiap iven MTQ, yang di laksanakan baik itu tingkat Kabupaten maupun Provinsi hingga tingkat Nasional, santrinya selalu meraih juara,” terang ustadz muslim

“Pada MTQ Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Pontianak, di tahun 2019, santri di Pondok Khalilul Quran mnjadi juara nasional hafalan 10 juz an. Asrar Abu Khair,” sambungnya.

Adapun susunan peringkat dalam MTQ tingkat Provinsi Sultra, sebagai berikut :

1. Alsa (Juara 1 Tafsir Bahasa Arab,) berasal dari Kabupaten Kolaka.

2. Adama Surya (Juara 1 hifzil 1 juz,) dari Kabupaten Kolaka utara.

3. Azzah (Juara 2 Hifzil 5 juz) dari Kabupaten Konawe utara.

4. Deby (Juara 3 Tartil) dari Kabupaten Bombana.

4. Azmi (Juara 3 Hifzil 1 juz, ) dari Kabupaten Bombana

5. Kamaria (Juara 3 Hifzil 20 Juz) dari Kabupaten Buton selatan.

6. Yufita (Juara 2 Hizfil 20 juz) dari Kabupaten Kolaka Timur

7. Nisaul (Juara 1 ) dari Kabupaten Konawe Selatan.

8. Husna (Juara 2 Tafsir bahasa Inggris) dari Kabupaten Buton Selatan.

Laporan: Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *