Melalui Pamsimas, Pemdes Kasakamu Mubar Terima Aset Desa dari DAK Pusat

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Pemerintah Desa (Pemdes) Kasakamu, Kecamatan Kusamabi Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menerima aset Program Nasional Penyediaan Air Minum (Pamsimas) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat yang di terimah langsung oleh Palaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Kasakamu, Laramuna SP, yang di saksikan langsung oleh BPD Desa Kasakamu, Perangakat Desa, dan para penerima manfaat program ini, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Dalam keterangannya, Plt. Desa Kasakamu, Laramuna SP, dalam sambutanya berharap agar program ini di jaga sebaik-baiknya karena ini merupakan aset Desa. Dimana harus punya jiwa memiliki dari pada program ini untuk terus di jaga secara berkelanjutan.

“Iya ini kan aset Desa, yang sudah di serahkan di Desa, maka dari itu, ini wajib hukumnya untuk kita jaga bersama. Kenapa? karena ini merupakan Aset Desa yang di pergunakan oleh masyarakat penerimah manfaat secara Khusus dan secara umum masyarakat Kasakamu. Saya berharap kepada penerimah manfaat untuk menjaga ini aset agar program ini berkelanjutan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Kasakamu hari ini mendapatkan predikat sebagai Zona Hijau dari Anggaran DAK, dari Kementerian PUPR. Secara tehnis di kelola oleh Dinas PUPR Mubar, ini di karenakan dalam menerimah Program ini dianggap terbukti mampu menjaga kelanjutanya dan tidak mengalami permasalahan.

“Betul sekali bahwa, Desa Kasakamu memperoleh predikat Zona hijau, ini membuktikan bahwa porgram Pamsimas Tahun 2017 berjalan dengan baik, sehingga kita patut mensyukuri ini, karena ada peluang di 2021 kita bisa mendapatkan alokasi anggaran itu lagi,” bebernya.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya PUPR Mubar, Bahar Budiman, yang juga Satuan Kerja (Satker) Kabupaten dari program air bersih ini mengatakan, untuk DAK Air Bersih Tahun 2020 ini anggaranya kurang lebih 1 Miliar untuk Mubar yakni, Desa Kasakamu, Desa Bhangko, dan Desa Gala.

“Ya benar sekali untuk DAK air bersih Tahun Anggaran 2020 ini, untuk Mubar hanya 3 (tiga) Desa yakni, Desa Kasakamu, Bhangko dan Desa Gala. Dan untuk Tahun ini di Kecamatan Kusambi hanya Desa Kasakamu yang mendapatkan alokasi DAK ini, sehingga Desa Kasakamu patut bersyukur, ini semua karena kerja- kerja pengurus Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) yakni, KKM Barakati temasuk Pemdes Kasakamu yang proaktif bersama-sama mengawal program ini,” ungkpnya.

Selain itu, menurutnya untuk anggaran 2021 yang mendapatkan Zona Hijau dari program ini yakni untuk Kecamatan Kusambi adalah Desa Bhakeramba dan Tanjung Pinang sedangkan untuk Kecamatan Napano Kusambi adalah Tangkumaho.

“Untuk DAK tahun 2020 ini, dengan anggaran yang sama untuk Kecamatan Kusambi, yakni Desa Bhakeramba dan Tanjung Pinang sedangakan untuk Napano Kusambi, Desa Tangkumaho,” bebernya.

“Dengan serah terimah aset ini harapanya mampu membrikan pemasukan di Desa karena di dalamnya ada reribusi, sehingga patut di jaga keberkelanjutanya karena ini aset Desa,” sambungnya

Laporan: Hirzan/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *