Bahas Kesadaran untuk Pahami Perilaku Manusia, PCI dan Pemuda Muhammadiyah Manado Lakukan Ini

  • Whatsapp

Foto: Istimewa.

 

SENTRALSULTRA.ID, SEMARANG – Pure Consciousness Indonesia (PCI) yang berkantor di Semarang, Jawa Tengah menggandeng Prodi Sosiologi Agama (IAIN) Manado dan Bidang Ristek dan Manajemen SDM PD Pemuda Muhammadiyah Kota Manado pada tanggal 31 Oktober 2020.

Penyelenggaraan Webinar Umum secara daring melalui aplikasi zoom cloud meetings. Kegiatan ini membahas tema “Peta Kesadaran untuk Memahami Perilaku Manusia”.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 s.d. 11.30 wita, ini diikuti peserta yang tersebar di seluruh Indonesia, yang terdiri atas peneliti, dosen, dokter, guru, organisasi pemuda, aktivis sosial, psikolog, dan mahasiswa. Kegiatan ini dimoderatori Dr. Hadirman, M.Hum. (selaku Ketua Prodi Sosiologi Agama IAIN Manado dan Aktivis Pemuda Muhammadiyah Kota Manado).

Kegiatan webinar umum ini menghadirkan pembicara Aswar (Founder Pure Consciousness Indonesia-PCI) menguraikan skala David R. Hawkins tentang tingkat kesadaran manusia dan menghasilkan skala untuk memetakan tingkat kesadaran individu. Aswar selama ini dikenal sebagai mentor “Map of Consciousness” memaparkan dengan lancar disertai dengan contoh-contoh “Peta Keadaran”.

Narasumber menguraikan 17 Peta Kesadaran ala R. Hawkins yakni: 1) shame/malu (20), 2) guilt/bersalah (30), 3) apathy/apatis, 4) grief/kesedihan (75), 5) fear/takut (100), 6) desire/keinginan (125), 7) anger/marah (150), 8) pride/bangga (175), 9) courage/berani (200), 10) neutrality/netral (250), 11) willingness/kemauan (310), 12) acceptance/penerimaan (350), 13) reason/akal budi (400), 14) love/cinta (500), 15) joy/sukacita (540), 16) peace/kedamaian (600), dan 17) enlightenment/pencerahan (700-1000).

Melalui skala peta kesadaran di atas dapat mengetahui posisi keadaran kita sebagai pribadi. Bahkan, Aswar mengenalkan ilmu ini tahap demi tahap secara mendetail apa saja yang harus dilakukan dan dilewati untuk meningkatkan kualitas diri.

Kegiatan webinar umum ini terjadi dialog dan tanya jawab antara peserta dan narasumber. Pesertanya sangat antusias mengajukan pertanyaan kepada para narasumber baik melalui kolom chat maupun bertanya langsung melalui aplikasi zoom cloud meetings.

Laporan: Imin/Redaksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *