Pangdam XIV/Hsn : Jadilah Prajurit yang Profesional Humanis dan Siap Bantu Rakyat

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KONSEL – Menyikapi berbagai perkembangan yang terjadi, Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin (Hsn), Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E., pada kesempatan Jam Komandan di Yonif 725 Woroagi menekankan kepada seluruh prajurit untuk menjadi prajurit profesional, humanis dan siap membantu rakyat. Hal ini dikatakan Kapenrem 143/HO, Mayor Arm Sumarsono, Selasa 17 November 2020.

“Pada kesempatan ini Pangdam mengajak seluruh prajurit untuk selalu berbuat yang terbaik, budayakan rasa malu serta jadilah prajurit yang humanis dan profesional,” terangnya.

“Mengigat situasi di masa Pandemi kegiatan yang di pusatkan di Lapangan Upacara Yonif 725/Wrg yang diikuti oleh 1.350 prajurit jajaran Korem 143/HO dilaksanakan secara virtual,” lanjut Mayor Sumarsono.


Sementara itu dalam amanatnya Mayjen TNI Andi Sumangerukka menekankan kepada seluruh prajurit jajaran Korem Kendari untuk taat aturan dan mengikuti prosedur hukum yang berlaku serta menjadi seorang prajurit yang humanis, profesional dan dicintai oleh rakyat.

“Taati aturan dan prosedur hukum yang berlaku, serta budayakan rasa malu untuk berbuat salah sehingga kita bisa terhindar dari pelanggaran dan permasalahan yang akan merugikan diri pribadi dan nama baik satuan,” tegas Pangdam.

Lanjut Pangdam, jangan mudah terprovokasi, kita harus cerdas dan selektif dalam menerima informasi. Penafsiran jiwa korsa yang sempit menimbulkan tindakan – tindakan yang dapat merusak diri sendiri serta merugikan nama baik satuan.

“Kurangi dan hilangkan sifat – sifat arogan dalam menyikapi segala permasalahan, tampilkan diri kita sebagai prajurit yang humanis, profesional tanpa menghilangkan jati diri kita sebagai seorang prajurit TNI yang dicintau oleh rakyat,” imbuhnya.


“Percayakan semua kepada pimpinan jika kita tidak mampu menyelesaikan pemasalahan serta timbulkan rasa malu untuk berbuat salah sehingga dapat menjauhkan dari pelanggaran dan permasalahan,”lanjut Mayjen Andi Sumangerukka.

Dikaitkan dengan kemajuan teknologi komunikasi yang berkembang pesat Pangdam juga mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk bijak dalam pemanfaatan internet.

“Internet mewujudkan kehidupan yang lebih efektif apabila dimanfaatkan dengan bijak, jangan salahgunakan kemajuan teknologi seperti judi online, menyebarkan berita hoax serta mengomentari tentang kebijakan pemerintah,” ungkap Pangdam.

Tak lupa Mayjen Andi Sumangerukka juga mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam memutus penyabaran virus corona ditengah pandemi covid 19 sekarang ini.

“Oleh karena itu, saya mengingatkan kembali kepada prajurit dan PNS beserta keluarga, agar senantiasa menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) di lingkungan masing-masing. Perlu diingat, “Maskerku melindungi kamu, maskermu melindungi aku”,” lanjut mantan Danrem 143/HO.

Lebih lanjut sebelum mengakhiri amantanya Pangdam mengingatkan komitmen Netralitas TNI dalam rangka Pilkada yang akan diselenggarakan di 7 Kabupaten di Sulawesi Tenggara.

“Keterlibatan prajurit dalam pelaksanaan Pilkada serentak adalah untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif. Untuk KBT salurkan aspirasi politiknya dengan tetap menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas dan rahasia,” tutup Mayjen Andi Sumangerukka.

Laporan: Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *