Lima Pelajar Asal Mubar Kembali Wakili Sultra Pada KOSN Tingkat Nasional

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Lagi dan lagi prestasi luar biasa kembali ditorehkan oleh siswa siswi asal Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kali ini prestasi itu di torehkan melalui Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Ini di buktikan pada Sabtu lalu, 14 November 2020, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis pengumuman peserta KOSN, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Nasional tahun 2020.

Melalui link https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2020/11/14/pengumuman-peserta-kosn-sd-dan-smp-tingkat-nasional-2020/, tahun ini cabang yang diperlombakan pada Ajang KOSN adalah Pencak Silat dan Karate.

Berdasarkan hasil pengumuman tersebut, Pelajar Kabupaten Mubar kembali berprestasi unjuk kekuatan diantaranya, prestasi yang luar biasa yakni, :

=> Cabang Pencak Silat Jenjang SD,

1. La Ode Chaesar Alifatrrahim (SDN 11 Sawerigadi)
2. Ratu Dwi Nurhaja Nsumaso (SDN 11 Sawerigadi).

=> Cabang Pencak Silat Jenjang SMP,
1. King Purnama Yudasti (SMPN 2 Sawerigadi)
2. Wa Ode Sri Riski Nur Haerani (SMPN 2 Sawerigadi).

=> Cabang Karate Jenjang SMP,
1. La Ode Muhamad Galang Ramsay (SMPN 1 Lawa).

Terkait hal ini, Sekda Mubar, LM. Husein Tali mengatakan, 5 (lima) Pelajar (siswa siswi) jenjang SD dan sekolah menengah pertama SMP akan mewakili Sulawesi Tenggara pada KOSN tingkat Nasional.

“Ada silat dan karate yang akan diikuti, mari kita berikan suport dan semangat dan Mendoakan Semoga Bisa berprestasi lebih baik lagi di Tingkat Nasional dan mudah-mudahan bisa membawa nama baik Muna Barat,” ungkap sekda, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 16 November 2020.

Hal senada di sampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat, Jamuddin melalui Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Burhanudin mengatakan, kelima siswa siswi itu akan mengikuti KOSN melalui media jaringan (daring).

“Proses seleksinya itu dikirim melalui video. Ini kan bukan komite tetapi mempertotonkan keindahan dan seni dalam bentuk dasar pencak silat dan karate,” kata Burhanudin saat dihubungi, Selasa malam, 17 November 2020.

Ia menjelaskan saat ini untuk mengikuti seleksi pada KOSN itu pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk pengambilan video.

“Insya Allah, jadwal penginputan video ke pusat untuk seleksi KOSN itu mulai tanggal 21-30 November. Itu akan diinput melalui sistem aplikasi khusus,” ungkapnya.

Untuk di ketahui, lanjut Burhanudin, Muna Barat mengirimkan sebanyak 10 (sepuluh) siswa siswi jenjang SD dan SMP untuk mengikuti KOSN itu.

“Silat SD, 2 Putri 1 Putra, dan SMP 2, Putra 1 Putri. Karate 4 (empat) orang 3 (tiga) siswa SD, dan 1 siswa SMP. Alhamdulillah yang lolos itu 5 orang,” jelasnya.

Terkait prestasi yang sudah di terohkan, pihak Pemkab Mubar melalui Dikbud telah menyiapkan beasiswa bagi siswa siswi yang telah mengharumkan nama daerah Kabupaten Muna Barat.

“Kami sudah siapkan bonus untuk beasiswanya mereka ada dari Pemkab Mubar karena mewakili Muna Barat juga pasti ada juga beasiswa dari Pemprov karena telah membawa Provinsi Sultra di tingkat nasional,” jelasnya.

Laporan: Hirzan/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *