BPBD Mubar Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Bahaya Bencana di Napano Kusambi

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, LAWORO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna Barat (Mubar) melakukan sosialisasi dan penyuluhan bahaya bencana yang di laksanakan di Kecamatan Napano Kusambi, Sabtu 19 Desember 2020. Dalam sosialisasi dan penyuluhan tersebut diikuti oleh para perwakilan masing-masing Desa di Kecamatan Napano Kusambi.

Camat Napano Kusambi, Larusia dalam sambutanya mengatakan, sangat berterimah kasih dan mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini BPBD Mubar yang telah melaksanakan kegiatan ini untuk mencegah resiko dari dampak bencana alam yang sering terjadi setiap Tahunnya di wilayah otoritanya. Harapanya kepada peserta sosialisasi ini dapat menyerap dengan baik. Baik materi yang di berikan oleh tehnisi BPBD, dan dapat di aplikasikan kepada masyarakat lainya

“Saya berharap kepada para peserta agar mengikuti materi ini dengan baik, dan dapat di transfer ilmunya kepada masyarakat lain agar pencegahan dini pada bencana alam ini terkoneksi dengan baik. Selain itu juga dalam menghadapi bencana jangan panik di bawah santai saja kalau panik maka resiko dampak nya lebih besar di bandingkan kalau kita tidak panik,” ungkap La Rusia.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPBD Mubar, Ibrahim Rasimu dalam sambutanya mengatakan, agar peserta sosialisasi ini dapat memahami materi dengan baik. Sehingga dapat mengurangi resiko bahaya bencana. Lanjutnya, masyarakat harus di berdayakan sehingga mengurangi kerugian baik itu kerugian material maupun korban jiwa. Dimana menurut Ibrahim, Wilayah Napano Kusambi terkhusus Latawe dalam setiap tahunya mengalami bencana yakni angin puting beliung dan abrasi pantai.

“Benar sekali harapan kami dengan kegiatan ini, peserta mampu menyerap materi yang ada. Dan juga inti dari kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat di berdayakan sehingga dapat mengurangi resiko kerugian material dan korban jiwa itu intinya,” jelasnya.

“Maka dengan kegiatan ini harapan saya bencana yg terjadi setiap tahunya apalagi di Daerah pesisir ini dampaknya besar sekali sehingga penting sekali masyarakat di edukasi dengan kegiatan ini sehingga dapat mengurangi dampak resiko kebahayaan bencana alam ini,” sambungnya.

Laporan: Hirzan/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *