Dapat Kucuran Dana DAK, SMAN 23 Konsel Bangun 3 Gedung Baru

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KONSEL – Sekolah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia dengan tidak adanya sekolah, maka kualitas pendidikan masyarakat yang ada di Indonesia jadi terganggu. Kehidupan yang dijalaninya pun juga tidak akan terjamin, banyak terjadinya pengangguran dimana-mana sebab ilmu yang dimiliki tidak mampu untuk memenuhi standar yang diinginkan. Untuk itu, pendidikan itu sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa.

Secara umum sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bersifat formal, non formal maupun informal yang didirikan oleh negara ataupun swasta yang dirancang mengajari, mendidik melalui didikan yang telah diberikan oleh tenaga pendidik. Untuk membuat sebuah sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai, seperti ruang belajar, perpustakaan, ruang kantor, masjid, ruang komputer ataupun yang lainnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 23 Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

SMAN 23 Konsel kembali menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Dana DAK tersebut dipergunakan untuk pembangunan 3 (tiga) ruang gedung baru diantaranya, Ruang Kelas Baru (RKB), ruang Laboratorium Kimia, dan ruang Laboratorium Komputer Baru. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 23 Konsel, Rosiman S.Pd.,M.Pd.


Rosiman mengungkapkan, Dikbud Sultra, tahun ini 2020 kembali mengucurkan DAK untuk Sekolahan berupa, pembangunan ruang Laboratorium Kimia, dengan Angaran Rp.365 (tiga ratus enam pulu lima) juta, pembangunan ruangan RKB, dengan angaran Rp.625 (enam ratus dua pulu lima) juta, dan ruangan Laboratorium Komputer, dengan angaran Rp.231 (dua ratus tiga pulu) juta, ruang kelas baru yang bersumber dari dana APBD tahun 2020 dengan total anggaran sebesar Rp.1.221.000.000 (satu miliar dua ratus dua puluh satu) juta.

“Jadi untuk tahun 2020 ini, bantuan dari APBN dana DAK pembangunan SMAN 23 tersebut bisa terealisasi. Bahkan sudah dalam tahap pekerjaan akhir mencapai 95 persen, dan ditargetkan akan selesai di bulan Desember ini” jelasnya.

“Ada Tiga gedung baru yang kita bangun beserta pelengkapan mobilernya komplit. Dan untuk sementara ini baru pembangunan 3 Gedung yang kita usulkan. Alhamdulillah tahun ini yang kita usulkan dipenuhi oleh Pemprov Sultra,” lanjut Rosiman, saat ditemui diruangannya, Senin, 21 Desember 2020.

Pihaknya pun, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sultra, yang sudah mengucurkan bantuan DAK, karena memang sangat dibutuhkan Sekolah SMAN 23 untuk menambah ruang gedung yang baru.

“Terimakasih banyak kepada Pemprov Sultra sudah menguncurkan bantuan DAK kepada SMAN 23 ini. Memang gedung yang baru dibangun tersebut sangat dibutuhkan oleh anak-anak SMAN 23. Semoga anak-anak dapat belajar dengan nyaman dan terus berinovasi,” ucap syukur Rosiman.

Lebih lanjut Rosiman, sebenarnya Sekolah SMAN 23 Konsel ini, selain membutuhkan RKB atau Gedung yang baru, SMAN 23 ini juga membutuhkan untuk pemagaran sekolah. Namum Kami sudah mau usulkan untuk tahun depan, untuk pemagaran sekolah dan penambahan RKB lagi,” tutup Rosiman.

Dikesempatan yang sama, Bekadetris Aflia, salah satu murid SMAN 23 Konsel mengucapkan syukur dengan adanya bantuan dari Dikbud Sultra. “Kami juga murid ini sangat memerlukan ruang gedung yang baru ini, supaya kami belajar dengan nyaman. Sekali lagi, terimakasih Dikbud Sultra,” ungkap Bekadetris Aflia.

Laporan: Dedi Wardani/Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *