Koramil Lainea Selenggarakan Pelatihan FMD ke Pramuka Saka Wira Kartika

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KONSEL – Kamis 24 Desember 2020 sekitar pukul 07:00 Wita, Koramil 1417-04/Lainea menyelenggarakan kegiatan pembinaan pelatihan Fisik, Mental, Disiplin (FMD) kepada Pramuka Saka Wira Kartika yang bertempat di halaman Koramil-04/Lainea.

Diketahui anggota Koramil-04 Lainea yang menjadi Pembina Pelatih dalam kegiatan ini, Serka Irfan Karamasa, Serda Laode Arwa, Serda Fahri, dan Serda Kholiq, serta 2 orang Pembina Pelatih dari SMPN 2 Konsel yaitu Septiadi dan Marfan, dan Pelatih dari SDN 10 Ambesea yakni, Yusdianti Helma S. Pd, yang diikuti oleh anggota Pramuka Penegak sebanyak 12 (dua belas) orang dari sekolah yang berada di wilayah Koramil 1417-04/Lainea.


“Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yang dibentuk lewat kerja sama Kwartir Nasional dengan TNI AD. Dalam Pelaksanaaan kegiatan pembinaan pelatihan FMD kepada Pramuka Saka Wira Kartika yaitu pengenalan materi “Garjas” agar kedepan pada saat Pramuka Penegak akan mengikuti seleksi penerimaan Calon TNI maka Pramuka Penegak sudah mengetahui dan mampu mengikuti kegiatan Garjas dengan baik dan benar,” ungkap Serka Irfan Karamasa.

“Kegiatan tersebut yakni dalam rangka membina karakter dan kedisiplinan bagi sejumlah Siswa Pramuka Penegak yang berasal dari beberapa sekolah di wilayah Koramil-04/Lainea Kabupaten Konawe Selatan,” lanjutnya.

Adapun kegiatan pembekalan materi Garjas berupa materi, :

1). Lari 12 menit.
2). Pull Up
3). Push Up
4). Shit Up
5). Lungest
6). Shutle Run.

Lebih lanjut Serka Serka Irfan Karamasa mengungkapkan, tujuan pembentukan kader Saka Wira Kartika di Koramil 1417-04/ wilayah Kabupaten Konsel ini adalah untuk mengembangkan pendidikan bela negara, memberikan pengetahuan tentang Pertahanan, Keamanan kepada generasi muda. Dalam kegiatan ini berjalan tertib dan aman serta para anggota Pramuka Penegak yang terlibat terlihat sangat antusias sekali. Harapan kedepan kegiatan tersebut akan terus berlanjut guna pembentukan watak, karakter, akhlak, dan budi pekerti bagi generasi muda.


Masih Serka Irfan Koramasa menjelaskan, Saka Wira Kartika ini merupakan Saka binaan TNI-AD, tidak jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya, namun memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida.

“Tiap Krida memiliki spesifikasi materi pendidikan yang berbeda dengan krida lainnya, diantaranya adalah Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan Bencana Alam,” tutup Serka Irfan.

Laporan: Dedi Wardani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *