Tak Miliki Izin Tersus, Jetty PT Kurnia Mining Resource Diberhentikan

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KOLUT – Polemik Status Terminal Khusus (Tersus), yang dimiliki PT Kurnia Mining Resource (KMR), akhirnya berakhir. Berdasarkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan di Kantor DPRD Kolaka Utara (Kolut) pada Senin, 11 Januari 2020, yang turut dihadiri Direktur Utama (Dirut) PT KMR, Selaku Penanggung jawab perusahaan, akhirnya mengungkap kebenaran dugaan Aliansi Mahasiswa Yang tergabung Dalam Gerakan Awal tahun (Gerah) terkait Aktifitas PT KMR yang tidak memiliki izin Tersus.

RDP yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kolut, Buhari Djumas memberikan kesempatan Kepada Dirut PT KMR untuk menjawab segala tuntutan Aliansi Mahasiswa yang selama ini dipersoalkan. Dirut PT KMR awalnya mengelak tuduhan Aliansi Mahasiswa dan menegaskan bahwa Tersus yang mereka miliki resmi dan tidak menambang diluar titik kordinat.

Ketgam: Suasana RDP di Kantor DPRD Kolaka Utara. Foto: Istimewa.

Selanjutnya, Andi Muhammad Akbar, selaku Perwakilan Aliansi Mahasiswa Gerakan awal tahun, menjelaskan dan mempertanyakan Izin pembangunan dan izin penetapan pengoperasian Tersus yang dimiliki PT KMR kepada Dirut PT. KMR. Hingga akhirnya, Dirut PT KMR mengakui jika PT KMR memang belum memiliki izin Tersus. Kesimpulan RDP tersebut, lalu dituangkan dalam Berita Acara nomor 04/DPRD /2021 yang berisi 5 poin . Salah satu poinnya adalah Direktur PT KMR, memberikan pernyataan bahwa bersedia menutup kegiatan di area Jetty PT. KMR untuk sementara sejak Senin, 11 Januari 2021, sampai semua dokumen izin pelabuhan khususnya selesai.

Menanggapi hasil RDP tersebut, Kordinator lapangan, syarif, memberikan apresiasi kepada DPRD kabupaten Kolaka Utara karena telah menerima aspirasi mereka.

“Kami juga bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena masih diberikan kesehatan serta kelancaran hingga tuntutan kami di terima. Harapan kami semoga kegiatan pertambangan di Kolut dapat sesuai dengan kaidah kaidah good mining practice,” ungkapnya.

Ketua Pergerakan Pemuda Mahasiswa Kolaka Raya, Nur Alim juga mengapresiasi Keterlibatan insan pers dalam menginformasikan kegiatan mereka.

“Ucapan Terima Kasih kami sampaikan Kepada Teman-teman wartawan baik yang di Kolaka Utara maupun Kendari yang senantiasa meliput dan memberitakan kegiatan kami. Semoga kedepannya tidak terjadi lagi seperti apa yang di perbuat Oleh PT KMR” tutupnya.

Laporan: Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *