Stadion Lakindende Bakal Direhab, KONI Sultra : Kami Inginkan Pecinta Olahraga Bisa Nyaman Ketika Berolahraga

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), akan melakukan pembangunan stadion Lakidende berupa rehabilitas berat. Pemprov akan membangun stadion tersebut dengan kapasitas 15 sampai 20 ribu tempat duduk. Saat ini, sedang dalam tahap lelang perencanaan. Dan akan dibangun dilokasi yang sama yakni, di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Sultra, Fahri Yamsul, saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Diungkapkan Fahri, rehabilitasi berat stadion Lakidende tahap pertama, masih dalam tahap lelang perencanaan dengan sumber anggaran berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sultra. Adapun konstruksi bangunannya lanjut Fahri, diupayakan mempresentasikan kondisi lokal Sultra.

“Sepak bola merupakan ibu dari olah raga, jadi diharapkan dengan pembangunan stadion yang telah berumur sekitar 40 tahun itu, dapat meningkatkan prestasi olah raga kita,” terangnya.

Saat dikonfirmasi tentang konstruksi bangunan stadion Lakidende yang akan dibangun tersebut, Fahri menjelaskan, saat ini pembangunan stadion tersebut sedang dalam tahap lelang perencanaan, dan konsepnya mewakili kondisi Sultra.

“Karena masih tahap perencanaan, jadi kita berangan-angan dulu, yang jelas konsepnya mewakili kondisi icon Sultra. Kami berusaha designnya kita akan gunakan konten lokal,” jelasnya.

Fahri Yamsul yang juga ketua Pengurus Provinsi Persatuan Base Ball dan Softball Seluruh Indonesia (Pengprov Perbasasi) Sultra, itu memaparkan, konstruksi stadion yang akan dibangun itu nanti, dindingnya akan tetap bulat, di tengahnya ada lobang. Sementara podiumnya ada yang tertutup dan terbuka.

“Arsitekturnya model saat ini dan kami sesuaikan dengan dana yang ada. Jadi modelnya, jauh berbeda dengan stadion Lakidende yang masih berdiri saat ini,” terangnya.

Instansi tersebut ungkapnya kini sedang
merampungkan master plane stadion serta mengurus Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), dan Analisa Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN), serta designnya. Secara tekhnis, Fahri mengungkapkan pihaknya tidak menemui masalah dalam pembangunan stadion tersebut, yang diproyeksikan menjadi pusat olah raga di Sultra.

“Kalau tekhnis di Cipta Karya, tahap pertama ini, tidak ada masalah,” ulasnya.

Selain lapangan sepak bola, dilokasi itu ungkapnya, juga akan menjadi kawasan wisata olah raga. Jadi bukan hanya stadion sepak bola saja. Akan tetapi, semua cabang olah raga yang tidak menggunakan lapangan luas akan dipusatkan di wilayah tersebut. Langkah tersebut selain dapat meningkatkan prestasi olah raga, tentunya juga dapat menjelma menjadi penyumbang pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Keinginan kami dan Ketua Umum (Ketum) Kontingen Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra, Ibu Agista Aryani Bombay, agar semua olah raga bisa dipusatkan ditempat itu. Yang kami buat saat ini, seperti panjat¬†tebing, dan tahun ini kami juga akan merehabilitasi kolam renang,” tutup Fahri kepada Sentralsultra.id.

Dikesempatan yang sama, Ketua Umum (Ketum) Kontingen Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Sulawesi Tenggara (Sultra), Agista Aryani Bombay berharap, stadion Lakindende agar segera dibenahi dan digunakan kembali untuk sarana dan prasarana olahraga yang positif, untuk menyehatkan masyarakat provinsi Sulawesi Tenggara ketika berolahraga tentunya. Dimana prestasi di suatu daerah tidak lepas dari keberadaan fasilitas yang memadai seperti halnya stadion. Apalagi sekarang ini lanjut Agista, setiap daerah harus memiliki stadion daerah yang menunjang. “Nah dengan kondisi stadion sekarang ini sudah hancur-hancuran, yaa tidak mungkin kita paksakan. Olehnya itu kami inginkan stadion Lakindende ini secepatnya di benahi agar anak-anak muda pecinta olahraga bisa nyaman ketika berolahraga,” ingin Agista saat ditemui di ruang kerjanya.

“Seperti kita ketahui tahun ini, stadion Lakindende akan segera dibenahi, agar yaa tadi, pecinta olahraga nyaman saat berolahraga. Dan saya juga berharap kepada masyarakat Sultra untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan stadion Lakindende tersebut,” jelas Agista kepada Sentralsultra.id.

Laporan: Edi Fiat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *