Menuju Kawasan Industri, Pemkab Konut Fasilitasi Para Pemilik IUP

  • Whatsapp

Foto: Ilustrasi/Istimewa

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Rencana Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Konawe Utara (Konut), mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Dukungan tersebut diwujudkan dengan memediasi pertemuan para pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP), yang berencana membangun Kawasan Industri dan Smelter di daerah tersebut pada Rabu, 10 Maret 2021 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari.

Bupati Konut, H. Ruksamin mengatakan, pertemuan yang dilakukan dengan pemilik UIP ini, guna membahas rencana usulan pembagunan smelter dan kawasan industri.

“Pertemuan hari ini kami hanya menfasilitasi, ada usulan suatu perusahaan yang akan membuka kawasan industri. Didalam usulannya, ada beberapa yang menyangkut IUP mereka,” ucapnya usai mengelar pertemuan bersama pemilik IUP

Menurut Ruksamin, Pemkab Konawe Utara sangat mendukung rencana tersebut, terlebih lagi cadangan nikel di Konut sangat besar.

“Pemkab Konut melalui Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) nya, melalui Rancangan Tata Ruang Wilayah (RT/RW) nya sudah jelas dan harus kita tindak lanjuti. Apa lagi, 47 (empat puluh tujuh) persen nikel ada Konawe Utara, masa kita ada nikel baru ndak ada Smelter,” jelasnya.

Untuk itu jelas politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini, pemerintah daerah menyambut baik usulan tersebut. Terlebih lagi RPJMN, RTRW Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan RT/RW 2020/2024, yang ditekan oleh Presiden Joko widodo sangat mendukung untuk pengembangan program tersebut.

“RTRW kita mendukung, yang kedua RTRW Provinsi dan RPJMN yang baru ditandatangani Bapak Presiden di Bab III, disitu dalam peta dinyatakan dua kawasan industri yang akan di bangun di Konawe Utara makanya ini kita jemput bola,” tutupnya. (HS-EFI).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *