Dikmudora Kendari : DAK Tahun 2021 Sedang Tahap Design

  • Whatsapp

Kepala Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan BMD, Dikmudora Kota Kendari, Arif Setialan, ST., M.Si

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Dana Alokasi Khusus (DAK ) di Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, berupa proyek fisik yang akan dilakukan saat ini sedang dalam tahap design.

Kepala Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan BMD, Dikmudora Kota Kendari, Arif Setialan, ST., M.Si mengatakan, mekanisme pengerjaan DAK di Dikmudora Kota Kendari tahun 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 123 tahun 2020, pelaksanaan kegiatan dilakukan tidak lagi swakelola. Akan tetapi di pihak ke tigakan.

“Ya ada perubahan, sekarang di pihak ke tigakan. Mekanisme pihak ketiga, Kita sudah laksanakan juga dengan dana yang bersumber dari APBD jadi tidak masalah, dan bukan hal baru,” ungkapnya.

Untuk pengerjaan yang akan dilakukan, DAK dialokasikan untuk rehabilitasi sedang, baik itu Ruang Kelas Belajar (RKB), maupun laboratorium.

“Pekerjaannya rehabilitasi sedang. Kalau berat, biasanya kita langsung arahkan ke APBD saja,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi besaran dana yang akan digunakan serta jumlah sekolah yang akan direhabilitasi menggunakan DAK di tahun 2021, Arif mengatakan, hal itu bisa diketahui setelah design dilaksanakan.

“Terkait jumlah sekolah dan dananya, baru dapat kita ketahui setelah selesai design,” ungkapnya. .

Arif mengatakan, proses lelang yang dilakukan tersebut melalui sistem online. Sistem tersebut, memudahkan untuk diakses bahkan di seluruh Indonesia.

“Sekarang kami bahkan terkoneksi dan terpantau dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” ulasnya.

Arif menambahkan dalam sejumlah kegiatan yang dilelang melalui dana APBD, bahkan ada sejumlah perusahaan yang berasal dari Pulau Jawa yang memenangkan tender.

“Nanti setelah proses lelang selesai dan mereka mengurus, datang di sini baru kita tahu, oh ini orangnya yang kerja,” tutupnya. (HS-EFI).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *