UPP Kelas II Raha Larang Penumpang Beli Tiket Melalui Calo

  • Whatsapp

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Raha, Abdul Rahman. 

 

SENTRALSULTRA.ID, MUNA – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP), Kelas II Raha mengimbau kepada penumpang agar tidak membeli tiket kepada calo. Pelarangan tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Kantor UPP Kelas II Raha, Abdul Rahman, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 18 Mei 2021.

Kepada media ini, Kepala Kantor UPP Kelas II Raha Abdul Rahman mengimbau, kepada calon penumpang agar tidak membeli tiket melalui jassa calo, mengingat dampak menggunakan jassa calo, dari sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan, dan di kapal tentunya itu tidak anggap, dan itu dinamakan penumpang Ilegal. Kemudian disisi lain lanjut Abdul Rahman, ketika membeli tiket secara langsung dengan menggunakan calo itu sangat jauh berbeda.

“Harga tiket pun tentunya sangat berbeda. Tentunya sangat murah ketika membeli tiket secara langsung ketimbang membeli tiket melalui calo. Intinya ketika mau berangkat, jangan memakai calo karena itu bisa merugikan diri sendiri,” jelasnya.

“Sebagaimana SOP yang kami terapkan di wilayah tugas UPP kelas II Raha ini bahwa, hanya yang memiliki tiket yang bisa memasuki areal terminal penumpang. Areal penumpang yang dimaksud ini adalah, bagi calon penumpang yang memiliki tiket yang akan menuju pelabuhan tujuan,” pungkasnya.

Ketika ditanya mengenai situasi arus balik usai Idul Fitri ini, Rahman nama sapaan akrabnya mengungkapkan, alhamdulillah tentunya jauh sebelumnya Kami sudah mengatasinya dengan mengantisipasi kerumunan calon penumpang.

Sekedar diketahui bahwa, yang menjadi tugas atau gawean kami selaku kesyahbandaran mengawasi kelaiklautan kapal, keselamatan, keamanan dan ketertiban di pelabuhan, serta mengawasi tertib lalu lintas kapal di perairan pelabuhan dan alur pelayaran, dan mengawasi kegiatan alih muat di perairan pelabuhan.

“Jadi Kami selalu berupaya untuk menjadi pelayan yang terbaik, dan berharap semua calon penumpang merasakan pelayanan terbaik. Tidak ada yang merasa tidak terlayani dengan fasilitasi trasnportasi laut,” terangnya.

Tak hanya itu, Abdul Rahman menjelaskan, di Pelabuhan ini tentunya Kami sudah menyiapkan apa yang menjadi imbauan Pemerintah dengan menyiapkan alat cuci tangan, kursi calon penumpang diruang tunggu pelabuhan yang sudah di tata rapi sesuai imbauan Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan Covid-19, kemudian, kepada calon penumpang agar selalunya menggunakan masker dan tentunya selalu menjaga jarak.

“Intinya kita menjalankan tugas dan fungsi sesuai tupoksi dan gawean masingmasing. Melalui media ini juga, selaku Kepala Syahbandar Kelas II Raha agar selalu berhati-hati, dan jangan gegabah, Covid-19 ini masih mengintai kita atau belum berakhir,” tutup KSOP Raha. (Edi Fiat).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *