ANP-TPI Kendari Komitmen Perjuangkan Kesejahteraan Nelayan dan Pedagang

  • Whatsapp

H. Tajudin

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Asosiasi Nelayan dan Pedagang (ANP) Tempat Pelelangan Ikan (TPI ) Kendari bertekad untuk memperjuangkan para nelayan dan pedagang ke arah yang lebih baik. Salah satu kebutuhan yang sangat penting adalah Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi para nelayan untuk memastikan mereka tetap melaut. Selain nelayan, para pedagang juga menginginkan kepastian tempat mereka dalam berdagang.

Bacaan Lainnya

Ketua Asosiasi Nelayan dan Pedagang TPI Kendari H Tajudin mengatakan, asosiasi yang dipimpinnya akan membuka posko pengaduan bagi para nelayan dan pedagang.

Dikatakan Tajuddin, saat ini masih saja ia menerima informasi dugaan penimbunan BBM di sekitar Lelang. Ia berharap semoga kedepannya tidak terjadi lagi. Di samping itu ia meminta kepada pihak terkait, jika ada oknum nelayan yang hendak mengisi BBM subsidi dengan kapasitas banyak apakah itu dengan alasan berdasarkan dokumen kapal untuk melaut, agar segera menanyakan kembali. Pasalnya, untuk mengangkut BBM khusus nelayan itu menggunakan kapal dengan Grade Tonase (GT) kecil atau bodi yang kecil.

“Kalau minta dengan kapasitas banyak terus kapal (bodi)nya kecil, ini sudah tidak masuk akal,” katanya.

Seharusnya menurut Tajuddin, setiap kapal yang hendak melaut segera mengisi ulang kapalnya sendiri, dan tidak perlu mengutus orang lain untuk mengambil bahan bakarnya.

“Jangan sampai hanya mengatasnamakan nelayan yang kemudian di antar kepada pengumpul BBM yang kemudian pula di bawa ke tempat lain,” ungkapnya.

Sebagai ketua asosiasi pihaknya akan selalu bersama nelayan dan pedagang di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) tersebut. Asosiasi ungkapnya akan mengawal keinginan nelayan dan pedagang.

“Apa sih yang menjadi keluhan mereka, lalu kita carikan solusinya bersama dengan rekan-rekan pengurus Asosiasi,” tutupnya. (HS-EFI).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *