Catat Sejarah Baru, 3 Pemuda Sultra Lulus Taruna Akmil

  • Whatsapp

Ketgam: Suasana pengumuman Pantukhir di Magelang Rabu, 28 Juli 2021. Dok: Ist.

 

Bacaan Lainnya

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Setelah melalui proses seleksi yang ketat akhirnya 3 (tiga) orang pemuda terbaik Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatatkan sejarah baru yaitu lulus mengikuti pendidikan Taruna Akademi Militer (Akmil) Tahun 2021. Hal ini dikatakan Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail, Minggu 1 Agustus 2021.

Diungkapkan Rusmin, setelah selesai sidang Pantukhir seleksi tingkat pusat Calon Taruna (Catar) Akademi TNI yang dilaksanakan di Magelang (Rabu, 28 Juli 2021) diumumkan yang lulus sejumlah 779 (tujuh ratus tujuh puluh sembilan) orang. Terdiri dari 449 (empat ratus empat puluh sembilan) orang Akmil, 190 (seratus sembilan puluh) orang AAL (Akademi Angkatan Laut) dan 140 (seratus empat puluh) orang AAU (Akademi Angkatan Udara).

“Dari 449 orang yang akan mengikuti pendidikan Taruna Akmil, lanjutnya, terdapat 3 pemuda daerah Sultra yakni, La Ode Chairil Maruf, Muhammad Gama Putra dan Rizqan Ardha Nurwandy. Mereka bertiga diberangkatkan dari Panda (Panitia Daerah) Kodam XIV/Hsn dan alhamdulillah seluruhnya dapat mengikuti pendidikan di Akmil,” ungkap Rusmin dalam keterangan pres rilisnya.

Terkait dengan capaian itu, Rusmin katakan bahwa dengan lolosnya 3 pemuda Sultra tahun ini merupakan pengulangan sejarah di tahun 1988.

“Ketika itu Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jannie Siahaan bersama 2 orang rekannya juga berangkat mengikuti pendidikan di Akmil Magelang. Ini capaian luar biasa, karena dari sejak tahun 2018 hingga 2020 hanya 1 orang saja yang lulus seleksi Catar Akmil,” terangnya.

“Jadi, semenjak Brigjen Jannie menjabat dapat dikatakan berhasil mencetak 4 orang Taruna Akmil,” tambah Plh Kapenrem.

Untuk di ketahui, 2 orang rekan dari La Ode Himaarif yaitu Muhammad Gama Putra merupakan anak dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sultra Muhammad Yusup, dan Rizqan Ardha Nurwandy merupakan anak dari Alm AKBP Andy Nurwandy.

“Dengan adanya peningkatan jumlah Taruna Akmil yang diterima dari Sultra ini juga sekaligus kehormatan dan kesempatan dari Bapak Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa masyarakat Sultra,” tandasnya.

Terpisah, Pelda La Ode Himaarif (48), orang tua dari La Ode Chairil Maruf mengungkapkan rasa syukur dan gembira setelah mendengar kelulusan anaknya menjadi Taruna Akmil.

“Kami dan keluarga sangat bangga, semoga selama menjalani pendidikan di Lembah Tidar, Magelang selalu diberikan kemudahan dan kelancaran,”ujar pria yang menjabat sebagai Bintara Tinggi Denkesyah 14.04.03 Kendari, Sabtu 31 Juli 2021.

Lebih lanjut dikatakan dia, anak pertamanya tersebut memiliki kemauan dari sejak kecil dan berlatih dengan keras untuk menjadi Taruna Akmil

“Kami orang tua hanya bisa mendukung dan mengarahkannya,” tutur La Ode Himaarif.

Masih di tempat yang sama, senada dengan suaminya, Siti Indrawati ungkapkan bahwa anaknya memiliki cita-cita yang tinggi dan ingin melebihi capaian bapaknya.

“Dia dari kecil memiliki cita – cita untuk melebihi Bapaknya, kami hanya bisa mendukung apa yang diinginkannya ,” kata Siti Indrawati.

“Alhamdulillah kini semua mimpi dan cita – citanya bisa tercapai, usaha keras Ayah dan anak ini di Ijabah oleh Allah SWT di tahun ini,” tambahnya lagi.

Selaku ibu, Siti Indrawati pun berharap agar anaknya nanti bisa menjadi pemimpin yang membanggakan.

“Semoga bisa menjadi pemimpin yang bisa membanggakan Keluarga, Bangsa dan agamanya,” ujarnya menutup. (Edi Fiat).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *