Miras dan Buat Keonaran Dekat Rujab Kasrem 143/HO, Korem Serahkan Kasus ke Polisi

  • Whatsapp

Kepala Hukum Korem 143/HO Kapten Chk Agung Widhi I, S.H., M.H.

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Komando Resor Militer (Korem) 143/Halu Oleo Kendari, mengamankan sejumlah orang yang diduga membuat keonaran dekat Rumah Jabatan (Rujab) Kepala Staf Korem (Kasrem) 143/HO.

Bacaan Lainnya

Setelah mengamankan para pelaku, Korem 143/HO lalu menyerahkan Kasus ke Polres Kota Kendari guna proses lebih lanjut. Adapun jumlah pelaku yang diamankan sekitar 25 hingga 28 orang pelaku.

Kepala Hukum Korem (Kakumrem) 143-HO Kapten Chk Agung Widhi I, S.H., M.H., saat dihubungi, Rabu 26 Agustus 2021 menuturkan kronologis aksi yang terkesan nekad tersebut, menurutnya (Kapten Agung), kejadian tersebut bermula pada Senin, 16 Agustus 2021 dini hari.

Kala itu ungkap Kapten Agung, sekelompok pemuda yang diklaim berasal dari oknum sebuah Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kota Kendari, meminum minuman keras jenis arak di dekat Rujab Kasrem 143/HO sehingga ditegur oleh ajudan Kasrem Halu Oleo.

“Karena situasi sudah larut malam, Ajudan Kasrem menegur mereka, karena kebetulan minumnya di sebelah rumah jabatan,” ungkapnya.

Rumah yang didiami oleh Kasrem 143/HO Kolonel Inf Tri Rana Subekti merupakan rumah dinas Walikota Kendari yang dipinjamkan ke Korem 143/HO.

Lebih jelas Kapten Agung menjelaskan, tidak terima ditegur oleh ajudan Kasrem, sejumlah orang yang berpesta miras tersebut lalu menyerang ajudan Kasrem.

Mendapat perlakukan tersebut, ajudan Kasrem lalu berinisiatif mencoba menenangkan para pelaku. Meski sudah berupaya untuk menenangkan namun penyerangan terus dilakukan.

Alhasil, untuk mencegah terjadinya hal yang merugikan dan timbul korban maka para pelaku pun berhasil diamankan lalu diserahkan ke Polres Kota Kendari, untuk mendapatkan penanganan sesuai aturan yang berlaku.

“Ajudan mencoba menenangkan, tapi karena adanya ancaman. Jadi kami amankan dan kami serahkan ke Polres Kota Kendari,” ungkapnya

Setelah menyerahkan para pelaku, pada Senin 23 Agustus 2021, Korem 143/HO lalu mendatangkan 3 (tiga) orang saksi untuk dimintai keterangannya oleh pihak Kepolisian.

“Kami datangkan saksi 3 orang. Besar harapan kami, kasus ini ditindak lanjuti oleh Polres secepatnya, karena sudah berani melakukan penyerangan dan pengancaman dengan senjata tajam (Sajam) di rumah yang didiami Kasrem,” tegasnya.

Masih kata Kapten Agung, ditempat kejadian saat itu anggota Korem mengamankan pelaku disertai Barang Bukti (BB) berupa golok, pedang, badik serta linggis.

“Banyak Sajam kami amankan, dan kami langsung serahkan ke Polres untuk didalami lebih lanjut. Korem menyerahkan sepenuhnya proses hukum ke pihak Kepolisian (Polres Kendari), untuk melakukan pemeriksaan dan mengidentifikasi para pelaku,” pinta Kapten Agung.

“Saat ditegur kelompok tersebut berupaya menyerang ajudan Kasrem. Entah itu pengrusakan atau apa yang jelas, pada saat terjadinya belum dapat diidentifikasi apakah itu penyerangan atau pengrusakan, atau yang lainnya, yang jelas saat kejadian belum dapat diidentifikasi apakah penyerangan atau pengrusakan, karena kejadian itu spontan dan cepat. Yang jelas nanti setelah dilakukan proses penyelidikan dan penyidikan oleh Kepolisian, bisa diketahui lebih lanjut.” terang Agung menambahkan.

Dirangkum Info yang ada : Kapolri Berikan Instruksi ke Jajarannya Seluruh Indonesia Melakukan Operasi Terhadap Premanisme.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, Jumat (11 Juni 2021) pagi, menyampaikan bahwa saat ini Polri fokus terhadap praktek pemberantasan premanisme di Masyarakat.

“Jadi kemarin bapak Presiden sempat ada di Tanjung Priok kemudian sempat mengadakan dialog disana, dan ternyata ada keresahan yang disampaikan oleh supir kontainer,” kata Irjen Argo Yuwono, saat berada di Polda Jatim, Jumat (11/6/2021) pagi.

“Berdasarkan instruksi Presiden dan Kapolri tersebut, Asops Kapolri Akhirnya memberikan instruksi, memberikan arahan kepada seluruh jajaran di seluruh Indonesia untuk melakukan operasi terhadap premanisme,” jelasnya (red). (Edi Fiat).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *