Sukanto Toding Diamanahkan Pimpin KORPRI Pemprov Sultra Periode 2021-2026

  • Whatsapp

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Sukanto Toding, Asisten Administrasi Umum Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diamanahkan memimpin Organisasi para Aparat Sipil Negara (ASN), Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Periode 2021-2026.

Pengukuhan dilaksanakan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, Sabtu (13/11), di Aula Merah Putih, Rujab Gubernur Sultra.

Bacaan Lainnya

Turut menyaksikan pada Acara pengukuhan adalah Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, SH, Wakil Gubernur, Dr. H. Lukman Abunawas, SH, M.Si, MH, Sekretaris Daerah, Dr. Hj. Nur Endang Abbas, serta unsur pimpinan Dewan Pengurus KORPRI Nasional, turut hadir Sekretaris Jenderal, Dr. Ir. Bima Arya Wibisana, M.Si.

Pada sambutan pengukuhan Ketum DP KORPRI Nasional mengingatkan bahwa dalam mengemban amanah sebagai Korps Pegawai diharapkan memiliki paradigma professional yang bermakna upaya terus menerus meningkatkan kompetensi dan menjadi organisasi pembelajar serta menciptakan suasana yang kondusif bagi bertumbuh kebanggaan kreativitas dan terobosan-terobosan baru. Sebab disadari, bahwa masalah-masalah yang terjadi saat ini tidak akan dapat diselesaikan dengan cara-cara lama, yang terbukti gagal menjawab tantangan jaman.

“Birokrasi harus semakin cerdas, kreatif, responsive dan inovatif dalam mengembangkan pelayanan yang semakin murah, semakin baik, dan semakin cepat,” ujarnya.

Turut memberikan sambutan Gubernur Sulawesi Tenggara, yang memberikan penekanan bahwa Dewan Pengurus KORPRI Sultra dapat mendorong anggotanya untuk aktif mendukung kebijakan pembangunan nasional dan daerah.

“Saat ini pemerintah Provinsi Sultra sedang giat-giatnya dan terus konsen melaksanakan program pembangunan daerah, demi terwujudnya Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” jelasnya.

Lebih jauh Gubernur mengharapkan bahwa KORPRI Sultra sebagai organisasi ASN perpanjangan tangan KORPRI nasional di daerah ini yang merupakan bagian integral dari pemerintahan daerah, haruslah mengambil peran dalam merespon kebijakan nasional dan daerah.

Sementara itu terkait dengan pelaksanaan MTQ ke V Korpri Nasional, di Kendari, Ketum DP KORPRI Nasional, Prof Zudan, yang juga adalah Dirjen Dukcapil, Kemendagri, mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada Gubernur Sultra dan seluruh jajaran Pemda Sultra atas dukungan penuh penyelenggaraan MTQ V KORPRI Nasional di Kendari.

“MTQ Nasional KORPRI ini merupakan MTQ terbesar dari sisi kepesertaan, karena disamping diikuti oleh 34 Kafilah dari Provinsi juga diikuti 37 Kafilah dan Kementrian dan Lembaga Pemerintah Pusat,” pungkas Zudan.

Setelah pengukuhan, Sukanto Toding, Ketua KORPRI Sultra, yang juga mantan Kabalitbang Provinsi Sultra ini menyampaikan pernyataannya, bahwa ia menangkap ada 3 poin penting yang menjadi amanah bagi KORPRI Sultra, baik dari Pengarahan Ketum KORPRI Nasional dan Gubernur Sultra, (1) KORPRI sebagai wahana penguatan Profesionalisme ASN, (2) KORPRI sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan penguatan peran yang lebih aktual bagi masyarakat dan daerah, (3) Peran KORPRI untuk memberikan pelayanan kesejahteraan bagi anggotanya. Amanah yang Pertama dan Kedua, Kata Sukanto, telah dilaksanakan secara integratif dengan kedudukan KORPRI sebagai ASN, namun masih menyadari kekurang aktifan KORPRI dalam memainkan peran bagi pemenuhan kesejahteraan ASN.

“KORPRI Sultra ke depan akan memberikan penekanan pada fungsi ini, diantaranya penguatan kembali Koperasi KORPRI yang telah lama vakum, dan pelayanan kebutuhan dasar lainnya seperti beasiswa bagi putra-putri ASN dan kemudahan perolehan perumahan bagi ASN yang belum memiliki rumah,” tutup Sukanto. (Edi Fiat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *