Hado Hasina Divonis Bebas, Kejati Sultra : Kita Kasasi, Tidak Ada Ceritanya Satu Bebas Satu Terpidana

  • Whatsapp

Ketgam: Suasana Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara menggelar konferensi pers di aula Kejaksaan Tinggi. Dok: Edi Fiat.

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) sebelumnya telah menetapkan 2 (dua) orang tersangka pada kasus korupsi studi rekayasa Lalu Lintas (Lalin) di Kabupaten Wakatobi, pada bulan Maret 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

Kejati Sultra menetapkan tersangka mantan Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra), Hado Hasina dan salah satu dosen Teknik Universitas Halu Oleo (UHO), La Ode Muh. Nurrahmad Arsyad.

Berjalannya waktu kasus tersebut bergulir, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari memvonis bebas Hado Hasina, sedangkan La Ode Nurrahmat Arsyad dijatuhi sangsi hukuman selama 1 (satu) tahun 5 (lima) bulan (red).

Menanggapi Putusan Pengadilan Tipikor Kendari tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara, Sarjono Turin mengatakan, pihaknya akan melakukan Kasasi. Putusan itu belum ingkrah. Jaksanya saya pastikan akan melakukan upaya kasasi.

“Kita memastikan masih ada upaya hukum yang akan kita lakukan yakni, upaya Kasasi. Bagaimana tidak, Hado Hasina divonis bebas oleh Hakim, dan rekannya La Ode Nurrahmad Arsyad dijatuhi vonis 1 (satu) tahun (5) lima bulan penjara. Dan kita ketahui bahwa mereka berdua (Hado Hasina dan La Ode Nurrahmad Arsyad) ini telah melakukan tindak kejahatan. Maka dari itu yakin, saya mencatat mungkin 1000 (seribu) persen akan terbukti,” ungkap Kajati Sultra, saat menggelar konferensi pers akhir tahun di aula Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, 31 Desember 2021.

“Bagaimana mungkin dua orang melakukan sesuatu perbuatan melawan hukum yang satu di hukum yang satu bebas? Jadi saya jamin, pak Hado Hasina pasti masuk. Tak ada cerita, dan itu pasti terbukti,” lanjut Kajati Sultra.

Lebih lanjut Kajati menjelaskan, kasus tersebut bisa naik 4 (empat) tahun. Tadinya hanya dua tahun tuntutan.

“Liat aja nanti,” tegas Sarjono Turin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *