Warga Kabupaten Muna Sambut Positif Program TV Digital

Ilustrasi.

SENTRALSULTRA.ID, MUNA – Kendati merupakan hal yang baru, perlahan-lahan warga Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai memahami manfaat yang akan mereka nikmati, dalam program Tv digital yang sedang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, (Kominfo).

Bacaan Lainnya

Seperti yang diungkapkan Aswin Rudi, warga Kelurahan Laiworu, Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Menurutnya, peralihan Siaran Televisi (TV) analog ke TV digital dapat meningkatkan kualitas gambar maupun suara atas televisi yang ditonton. Hal tersebut akan disambut positif bagi masyarakat, karena kwalitas tontonan yang makin baik dan kepuasan bagi masyarakat yang menonton televisi.

Perubahan tersebut ungkapnya, tidak akan membuat polemik di masyarakat, karena informasi yang ia dapatkan, masyarakat yang kurang mampu akan mendapatkan bantuan, berupa Set To Boks (STB).

“katanya masyarakat yang kurang mampu akan dikasi bantuan STB,” paparnya.

Aswin Rudi menjelaskan hasil yang akan didapatkan masyarakat dengan merubah siaran televisinya dari analog ke digital. Menurutnya, STB akan langsung menjadikan siaran TV digital, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengganti siaran televisi. Selain itu, Aswin Rudi berharap, bantuan STB ke masyarakat sampai kepada orang yang tidak punya kemampuan dan membutuhkan jelasnya.

Dilansir dari Pikiran Rakyat Depok.com bahwa Set Top Box atau yang disingkat STB memiliki sebutan lain yakni dekoder, receiver dan beberapa kalangan menyebutnya sebagai converter. Fungsi STB pada TV analog yaitu sebagai alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara kemudian ditampilkan ke televisi analog atau tabung.

Meski menggunakan Set Top Box, masyarakat tetap membutuhkan antena UHF untuk bisa menikmati siaran digital. Pasalnya, Set Top Box hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara. Sementara sinyal digital itu sendiri bisa ditangkap dengan menggunakan antena UHF.

Disitulah antena UHF diperlukan, yakni sebagai alat untuk menangkap sinyal digital yang kemudian diubah menjadi suara dan gambar lalu ditampilkan ke TV analog. (Redaksi)**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.