Rutan Kendari Sembelih 13 Ekor Sapi, Iwan Mutmain: Tiga Hari Kedepan Warga Binaan Kami Suguhkan Daging Sapi

Ketgam: Kepala Rutan Kelas IIA Kendari, Iwan Mutmain saat meninjau proses penyembelih hewan kurban. Dok: Edi Fiat.

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI – Usai melaksanakan shalat Iduladha 1443 Hijriyah (H), tahun 2022 Masehi (M) berjamaah, Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kelas IIA Kendari menyembelih hewan kurban jenis sapi sebanyak 13 (tiga belas) ekor di halaman Rutan Kelas IIA Kendari, Minggu 10 Juli 2022.

Bacaan Lainnya

Kepala Rutan Kelas IIA Kendari, Iwan Mutmain mengatakan, alhamdulilah tahun ini Kami Rutan Kelas IIA Kendari bisa berkurban sebanyak 13 ekor. 12 ekor sapi kurban tersebut dari kumpulan seluruh teman-teman pegawai yang selama ini lebih dari satu tahun sehingga menghasilkan sapi kurban sebanyak 12 ekor. Sedangkan satu ekornya sumbangan dari Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketgam: Kepala Rutan Kelas IIA Kendari, Iwan Mutmain saat meninjau proses penyembelihan hewan kurban. Dok: Edi Fiat.

“Dua 12 ekor hewan kurban itu sumbangan seluruh pegawai Rutan Kelas IIA Kendari, dengan menyisihkan gaji setiap pegawai, dan itu sudah sesuai kesepakatan bersama. Setiap pegawai gajinya dipotong atau menyisihkan untuk hewan kurban sebanyak Rp.150 ribu perbulannya. Jadi, setelah dikumpulin dalam setahunya, akhirnya kami bisa membeli sapi sebanyak 12 ekor. Sedangkan 1 (satu) ekornya sumbangan dari pak gubernur,” ungkap pak Karutan saat ditemui di lokasi pemotongan hewan kurban, Senin 11 Juli 2022.

Adapun proses penyalurannya lanjut Iwan mengatakan, yang pertama itu kita utamakan untuk warga binaan selama 3 (tiga) hari kedepan itu kami akan suguhkan mereka setiap hari daging sapi. Selain itu kita bagikan kepada pegawai Rutan Kelas IIA Kendari sebanyak 108 orang. Dan selebihnya lagi kita bagikan kepada masyarakat sekitar kantor Rutan Kelas IIA Kendari (warga fakir miskin).

Ketgam: Panitia pemotongan hewan kurban saat melakukan proses penimbangan daging kurban yang hendak diedarkan kepada warga sekitar yang kurang mampu. Dok: Edi Fiat.

“Kami sudah putuskan dan berkomitmen untuk warga binaan, tiga hari kedepannya kita akan suguhkan makanan daging sapi,” jelas Iwan.

Lebih jelasnya lagi Iwan mengatakan, ada sejumlah mantan narapidana yang sudah bebas yang betul-betul ekonominya sangat memperhatikan, melalui kurban kali ini kami berikan.

“Alhamdulillah kurban tahun ini meningkat, tahun lalu 4 ekor, sedangkan tahun ini 13 ekor. Insya allah, mudah-mudahan kita diberikan umur panjang dan kesehatan, tahun depan lagi kami lebih tingkatkan lagi,” terangnya.

“Pokoknya tetangga-tetangga sekitar kantor sini kami berikan juga kepada yang berhak menerimanya seperti fakir miskin, dan kaum dhuafa,” jelas Kepala Rutan Kelas IIA Kendari Iwan Mutmain. (Edi Fiat)**

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.