SPBU Tapak Kuda Bypass Kendari Meledak, Penjualan Dihentikan

Ketgam: Situasi SPBU Tapak Kuda Bypass Kendari. Dok: Ist.

SENTRALSULTRA.ID, KENDARI -, Sabtu tanggal 6 Agustus 2022, sekitar pukul 17:10 wita, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tapak Kuda By Pass Kota Kendari meledak, diduga penyebabnya korsleting mesin pompa atau biasa disebut dispenser. Kejadian tersebut dibenarkan Kapolresta Kendari Kombes Pol Muh Eka Faturahman, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Bacaan Lainnya

“Memang telah terjadi korsleting atau arus pendek terhadap pompa mesin/dispenser di SPBU Tapak Kuda By Pass Kota Kendari. Peristiwa naas tersebut terjadi sekitar pukul 17:10 wita,” ungkap Kombes Pol Muh Eka Faturahman.

Adapun keterangan masing-masing saksi usai kami periksa lanjut Muh Eka Faturahman, Jahidin Tomok (30) yang juga pengawas SPBU Tapak Kuda yang menerangkan bahwa, sekitar pukul 18:00 wita ditelepon oleh security Firman bahwa ada kejadian asap di mesin pompa atau dispenser.

“Jahidin Tomok mengetahui kejadian naas tersebut dari Yanuar (30) yang juga teknisi di SPBU Tapak Kuda, bahwa ada arus pendek/korsleting di pulau 1 mesin pompa dispenser yang diduga penyebabnya adalah resistor,” ungkap Kombes Eka.

“Berawal security atas nama Firman melihat, bahwa ada asap di pompa/mesin dispenser SPBU nomor 1, kemudian pihaknya memeriksa mesin dispenser pulau 1, 2, 3 dan 4. Dan Firman menemukan didalam mesin dispenser/pompa SPBU di pulau 1 ada komponen (resistor) yang hangus yang diduga sebagai salah satu penyebab pompa tersebut meledak,” terang Kombes Eka menambahkan.

Lebih lanjut mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Sultra ini menjelaskan, untuk penyebab meledaknya dispenser/pompa SPBU tersebut diduga akibat arus/tegangan listrik yang naik turun sehingga pompa/dispenser di SPBU tersebut yang komponen (resistor) rusak/hangus.

Sementara petugas nosel yang melihat kejadian tersebut Andrian Ruslan (29) menerangkan, bahwa terjadi arus listrik atau korsleting di Pulau 1 jenis Pertalite, terjadi pada saat pengisian BBM jenis Pertalite.

“Saya bertugas di mesin dispenser pulau 1 dan saya melihat ada percikan api di mesin dispenser pulau 1 lalu saya menekan tombol emergency di mesin dispenser dan mengambil sebuah alat pemadam kebakaran lalu menyemprotkan ke mesin dispenser atau pompa yang meledek tersebut,” terang Andrian.

Untuk diketahui situasi di SPBU Tapak Kuda saat ini dalam keadaan aman dan terkendali. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Catatan:
– SPBU Tapak Kuda saat ini ditutup sementara untuk penjualan BBM sampai selesai dilakukan pengecekan terhadap mesin dispenser oleh pihak Depot Pertamina dan Teknisi.
-Pihak Depot Pertamina dan Teknisi mesin dispencer SPBU akan dilakukan pengecekan terhadap semua mesin dispenser SPBU. (Edi Fiat)**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.