Perjuangkan Aspirasi Buruh, Bahtra Banong Akan Teruskan Aspirasi KSPN ke Sejumlah Kementerian

Bahtra Banong

SENTRALSULTRA.ID, JAKARTA -, Konferensi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) menyalurkan aspirasinya ke DPR RI terkait di berlakukannya pajak progresif terhadap penerima uang manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan PP No. 46 tahun 2015 tentang penyelenggaraan program JHT, PP No. 60 tahun 2015 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.03/2010 tentang cara pemotongan pajak penghasilan pasal 21 atas penghasilan berupa uang pesangon, uang manfaat pensiun tunjangan hari tua dan jaminan hari tua yang dibayarkan sekaligus.

Menanggapi hal tersebut, Senin (10/8/2022), Anggota Komisi XI DPR- RI Fraksi Partai Gerindra, Bahtra Banong mengatakan, akan memperjuangkan aspirasi tersebut. Konsistensi Bahtra Banong dalam memperjuangkan hak-hak buruh itu akan dilakukan politisi Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra itu dengan meneruskan aspirasi KSPN ke pihak terkait salah satunya adalah ke Kementerian Keuangan.

Sementara itu, dalam rilis persnya KSPN mengaku menolak sejak awal dikeluarkannya peraturan tersebut. Pasalnya, peraturan itu dinilai sangat merugikan bahkan memberatkan masyarakat bawah.

“KSPN meminta kepada Anggota DPR RI sebagai perwakilan rakyat, kementerian terkait untuk mengkaji kembali keberadaan peraturannya terkait penerapan Pajak Progresif bagi penerima manfaat uang manfaat JHT agar tidak memberatkan Pekerja/buruh,” ulas KSPN dalam rilis persnya.

Senada dengan tuntutan organisasi buruh tersebut, politisi Gerindra Bahtra Banong mengungkapkan, hal yang sama dengan KSPN. Ia juga keberatan dengan pemberlakuan pajak progresif terhadap uang manfaat JHT tersebut. (Edi Fiat)**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.