Maksimalkan Pelayanan Publik, Bahri Lobi Kemkominfo RI, Sejumlah Operator Seluler Siap Masuk ke Mubar

Ketgam: Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri, S.STP., M.si saat berkoordinasi di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Republik Indonesia (RI). Dok: Ist.

SENTRALSULTRA.ID, MUBAR -, Layanan Jaringan internet di Kabupaten Muna Barat (Mubar) yang tidak maksimal menjadi salah satu perhatian Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Dr. Bahri, S.STP., M.Si. Pasalnya di era Informasi dan Teknologi yang berbasis digital, jaringan menjadi sangat penting dalam mendukung pelayanan publik. Guna memaksimalkan kapasitas jaringan di daerah yang baru saja mekar itu, Dr. Bahri melakukan konsultasi di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Republik Indonesia (RI).

Bacaan Lainnya

Dr. Bahri, saat dikonfirmasi Senin, (19/09/2022), mengakui jaringan internet merupakan salah satu masalah di kabupaten yang dipimpinnya. Padahal, jaringan internet sangat urgen karena peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya percepatan informasi tergantung pada tersedianya akses jaringan. Agar jaringan internet dapat maksimal di Mubar, Bahri berkunjung ke Dirjen telekomunikasi dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) guna membangun infrastruktur digitalisasi di daerah tersebut.

“Mereka memberikan gambaran bahwa dalam kerangka pembangunan infrastruktur digital diluar 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) masih kewenangan Direktorat Telekomunikasi,” ungkap Bahri saat dihubungi,

Sementara untuk BAKTI lanjut Bahri, pada daerah diluar 3T seperti Kabupaten Muna Barat, Bakti memiliki program internet masuk desa.

“Sementara untuk daerah 3T mempunyai program yakni program internet, fiber optik, pembangunan BTS, dan ring palapa. Namun, mereka akan mengakselerasi hal itu untuk membantu kita membangun infrastruktur digitalisasi di Mubar,” jelas Bahri menyampaikan hasil pertemuannya di Kemkominfo.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri ini mengaku pihaknya juga berkordinasi langsung dengan operator seluler yang menyiapkan infrastruktur jaringan khususnya jaringan XL dan Indosat.

“Insya Allah untuk daerah pesisir akan dibangun 8 BTS antara lain XL dan Indosat. Dengan sebaran, XL dibangun di Kecamatan Maginti yakni di Desa Gala, Desa Bangko, dan Pasipadangan, dan di Desa Barakkah Kecamatan Tiworo Selatan. Sedangkan jaringan Indosat akan dibangun di Kecamatan Tiworo Utara yakni di Desa Bero, Mandike, Santigi, dan Tasipi,” lanjutnya.

Selain itu, jebolan STPDN angkatan 07 ini juga mengaku telah meminta Dirjen Telekomunikasi dan berkoordinasi dengan operator seluler datang di Mubar.

“Untuk memastikan persoalan jaringan di Mubar, insya Allah mereka siap berkunjung tahun ini. Saya sudah perintahkan Kadis Kominfo segera bersurat ke sana,” pungkas PJ. Bupati. (Edi Fiat)**.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.