Cara Membuat Kabruto Yang Enak Khas Sulawesi Tenggara

Cara Membuat Kabruto – Kabuto merupakan makanan khas Muna yaitu salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara. Kabuto di buat dengan bahan dasar ubi kayu ataupun singkong yang di keringkan di bawah sinar matahari. Selain itu, Kabuto cukup mirip dengan makanan gathot dari Jawa yang ada pada wilayah gunung kidul, Yogyakarta. Keduanya sama-sama di buat dengan bahan dasar ketela pohon (singkong) ataupun ubi kayu yang sudah kering lalu di olah ataupun di masak.

Cara-Membuat-Kabruto-Yang-Enak-Khas-Sulawesi-Tenggara

Perbedaannya hanya terdapat pada segi penyajiannya serta bahan pelengkap yang di pakai ketika proses pengolahan. Gathot bahan pelengkapnya yaitu campuran parutan kelapa serta garam untuk memberikan rasa asin ataupun di tambahkan dengan gula merah. Tentunya agar ada sedikit rasa manis. Jika anda tertarik untuk membuat kabuto, maka simak ulasan berikut ini :

Tentang Kabuto

Kabuto sudah sejak dulu menjadi makanan pokok dari masyarakat Muna. Di mana, masyarakat Muna pesisir tidak mempunyai makanan pokok selain kabuto. Daerah pesisir Muna sangat sulit untuk menanam padi jadi mereka membutuhkan alternatif lainnya untuk menjadi pengganti nasi. Kabuto sering kali di manfaatkan oleh masyarakat suku Muna untuk jadi penguat tubuh jika masa paceklik telah tiba. Hingga kini masih belum ada yang tahu kenapa makanan ini di beri nama kabuto. Selain itu, Kabuto do ketahui dapat di percaya untuk cegah penyakit maag.

Baca Juga : Resep Sinonggi Yang Enak Khas Sulawesi Tenggara

Bebera Bahan Untuk Membuat Kabuto

Di bawah ini adalah beberapa bahan yang wajib anda siapkan jika ingi membuat kabuto di rumah. Pastikan semua bahan untuk membuat kabuto sudah anda siapkan sebelum anda mulai memasak.

  • Kelapa parut secukupnya
  • 250 gr kakombo (singkong yang sudah di keringkan)
  • Ikan asin (goreng)
  • Sejumput garam

Langkah-langkah Untuk Membuat Kabuto

Cara-Buat-Kabruto-Yang-Enak-Khas-Sulawesi-Tenggara

Berikut ini sudah kami sediakan beberapa langkah mudah yang dapat anda ikuti untuk membuat Kabuto yang mudah dan enak.

  • Pertama, potong kakombo berukuran kecil lalu rendam dengan air selama semalam kemudian tiriskan kakombo.
  • Siapkan panci kukusan lalu kukus kakombo selama kurang lebih 15 sampai 30 menit dengan menggunakan api sedang.
  • Jika di rasa sudah matang, maka angkat dan biarkan sampai sudah agak dingin. Setelah itu campurkan dengan garam secukupnya.
  • Sajika kabuto bersama dengan kelapa parut serta ikan asin.

Itulah resep sederhana membuat Kabuto yang enak. Bisa anda masukkan sebagai menu tambahan untuk lauk di rumah. Selain bahannya yang mudah di dapatkan, pembuatannya juga tidak ribet sehingga mudah untuk di lakukan sentralsultra.id.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *