Pulau Bokori – Wisata Menarik Yang Harus Anda Kunjungi

Pulau Bokori ada di Kelurahan Tapulaga, Kecamatan Soropia tepatnya Kabupaten Konawe di Sulawesi Tenggara. Pulau Bokori juga adalah wisata unggulan serta banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Kawasan ini mempunyai keindahan pasir putih serta ratusan pohon pinus sepanjang pulau. Selain itu, Pulau ini sendiri berasal dari kata boko dan juga ri. Dalam bahasa bajo, boko memiliki arti yaitu penyu, sementara ri artinya tempat. Oleh karena itu, bokori berarti tempat bertelurnya penyu.

Pulau-Bokori-Destinasi-Wisata-Menarik-Yang-Harus-Anda-Kunjungi

Dulu sebelum jadi tempat wisata, Pulau ini di huni oleh sejumlah penduduk. Lalu ketika wilayah ini jadi tempat wisata, penduduk setempat kemudian di relokasi untuk pertama kali pada tahun 1984. Lalu pada tahun 1987 yaitu relokasi berikutnya, pemindahan penduduk itu jadi Desa Bokori. Yang mana akhirnya mekar kembali menjadi Desa Bajo Indah yaitu sekitar tiga tahun setelahnya.

Aktivitas Dan Harga Tiket Masuk Wisata Pulau Bokori

Untuk para wisatawan yang ingin snorkeling di harapkan agar membawa peralatan snorkeling sendiri. Hal itu karena pada pulau ini tidak tersedia penyewaan peralatan snorkeling. Selain itu, aktivitas lain yang di tawarkan pada Pulau Bokori adalah banana boat yang harga sewanya yaitu sebesar Rp 30.000 per orang. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati Pulau ini maka akan di kenakan biaya tiket masuk senilai Rp 10.000.

Baca Juga : Taman Nasional Wakatobi – Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi

Sementara Jam Buka Pulau Bokori yaitu selama 24 jam. Penyedia jasa penyeberangan akan melayani para wisatawan menuju ke Pulau ini sepanjang waktu asalkan tidak dalam kondisi cuaca yang buruk. Cuaca buruk umumnya terjadi di bulan Juli sampai Agustus dengan hujan intens serta gelombang laut yang cukup besar.

Akses Wisata Pulau Bokori

Pulau-Bokori-Wisata-Menarik-Yang-Harus-Anda-Kunjungi

Agar dapat mencapai Pulau Bokori, maka wisatawan bisa berkendaraan memakai roda dua ataupun roda empat. Yang mana dari Pelabuhan Nusantara Kendari menuju ke Desa Bajoe. Salah satu tempat penyeberangan menuju ke Pulau Bokori. Perjalanan tentunya akan menempuh waktu selama 40 menit serta jarak tempuh yaitu kurang lebih 13,5 kilometer. Jika wisatawan mulai perjalanan dari Bandara Haluoleo Kendari maka akan memakan waktu tempuh jauh lebih lama. Di mana durasinya yaitu 1 jam 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 42,3 kilometer.

Kemudian, wisatawan akanmelanjutkan penyeberangan ke Pulau ini dengan jasa yang di tawarkan oleh masyarakat setempat. Ataukah langsung saja ke dermaga untuk penyeberangan menuju ke Pulau Bokori. Rata-rata biaya yang di butuhkan yaitu sekitar Rp 15 ribu sampai Rp20 ribu per orang dewasa. Perjalanan akan memakai longboat dengan waktu tempuh yaitu sekitar 15 sampai 30 menit sesuai dengan jarak dermaga yang di pilih oleh pengunjung. Harga yang di tawarkan adalah biaya penyeberangan pulang dan pergi. Sehingga ada baiknya kalau wisatawan berkunjung secara berkelompok untuk menentukan jadwal pergi dan juga pulang sentralsultra.id.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *