Beberapa Fakta Menarik Tentang Wisata Air terjun Moramo

Air terjun Moramo adalah sebuah obyek wisata yang ada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, tepatnya di Kabupaten Konawe Selatan. Selain itu, Air Terjun ini memiliki sejumlah daya tarik yang tentunya sayang untuk di lewatkan saat anda berkunjung ke Konawe Selatan. Air terjun Moramo adalah sebuah hidden gem, karena lokasinya terdapat di tengah hutan. Walaupun ada di tengah hutan, tetapi air terjun ini memiliki keindahan dan keunikan yang jarang di miliki oleh air terjun lainnya.

Beberapa-Fakta-Menarik-Tentang-Wisata-Air-terjun-Moramo

Air terjun Moramo sendiri di resmikan pada tanggal 29 Desember 1989. Keberadaan air terjun ini untuk pertama kalinya di temukan oleh seorang transmigran yang berasal dari Jawa pada sekitar 1980-1982. Jika anda ingin tahu lebih banyak informasi tentang wisata ini, maka simak ulasan berikut.

Mempunyai Sebanyak 67 undakan

Daya tarik utama dari air terjun Morama yaitu bentuknya yang bertingkat (escade) dengan ketinggian mencapai sekitar 100 meter. Ada sekitar 67 undakan, yang mana terdiri dari 7 undakan besar serta 60 undakan kecil. Air terjun itu mengaliri bebatuan granit serta kapur. Menariknya, pengunjung tentunya tidak akan mendapati lumut pada bebatuan tersebut. Hal itu karena aliran airnya mengandung kapur jadi lumut sulit untuk tumbuh.

Baca Juga : Air Terjun Tumburano – Wisata Alam Paling Menakjubkan

Sehingga, wisatawan dapat mendaki undakan air terjun itu, dengan tetap berhati-hati karena tetap akan licin. Tidak hanya itu, anda juga kolam dengan kedalaman sedang yang dapat menjadi tempat berendam. Aliran air terjun Moramo sendiri berasal dari Sungai Biskori yanga da di Pegunungan Tambolosu. Tepatnya di Desa Ulusena, Kecamatan Moramo di Kabupaten Konawe Selatan.

Berada Di Tengah Hutan

Air Terjun Moramo ini berada di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa di Sulawesi Tenggara. Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa mempunyai luas yaitu sekitar 38.937 hektar. Dan memiliki salah satu kandungan marmer terbesar yang ada di dunia. Sehingga, terdapat pepohonan lebat di sekitaran air terjun, menjadikan suasananya sangat asri serta sejuk. Bahkan, terdapatpohon yang ada di tengah air terjun dan membuatnya terlihat eksotis.

Anda Dapat Melihat Flora Dan Juga Fauna Endemik

Beberapa-Fakta-Menarik-Tentang-Tempat-Wisata-Air-terjun-Moramo

Tidak hanya air terjun ini, tetapi kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa juga menyimpan beragam flora serta fauna. Sebut saja seperti satwa khas Sulawesi Tenggara. Di antaranya seperti anoa, burung rangkok, babi rusa, kupu-kupu serta monyet hitam. Pengunjung dapat menemukan aneka flora dan fauna endemik tersebut selama dalam perjalanan menuju ke lokasi air terjun Moramo sentralsultra.id.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *