Taman Nasional Wakatobi – Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi

Taman Nasional Wakatobi adalah pusat konservasi alam yang berada pada Kabupaten Wakatobi  di Provinsi Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi ini di bentuk lewat Surat Keputusan Menteri Khutanan Nomor 7661/KPTS-II/2002. Yang mana di teken pada tanggal 19 Agustus 2002. Luas lahan taman nasional ini sendiri mencapai hingga 1,39 juta hectare serta di dalamnya ada 25 gugusan terumbu karang dengan 600 kilometer.

Taman-Nasional-Wakatobi-Destinasi-Wisata-Yang-Wajib-Anda-Kunjungi

Pada Taman Nasional Wakatobi ini juga di temukan jenis burung laut, di antaranya seperti angsa batu coklat. Juga cerek melayu sampai dengan raja udang. Selain itu, Jenis famili Cetaceans langka juga ada di taman nasional ini seperti paus pemandu sirip pendek, paus sperma dan paus pembunuh. Kemudian lumba-lumba totol, paus pembunuh kerdil, lumba-lumba gigi kasar, lumba-lumba hidung totol, lumba-lumba abu-abu serta paus kepala semangka. Jenis-jenis ikan yang ada di taman nasional ini juga cukup banyak. Konon ada sekitar 500 jenis ikan yang telah teridentifikasi di sana.

Sejarah Taman Nasional Wakatobi

Gagasan pembentukan Taman Nasional ini juga telah di mulai semenjak tahun 1989 silam. Kala itu, wilayah Wakatobi adalah kawasan konservasi laut yang mana di tetapkan lewat survei yang di adakan oleh Dirjen Kehutanan serta Konservasi Alam. Pada survei tersebut, terungkap bahwa Wakatobi mempunyai sumber daya laut yang sangatlah melimpah. Kandungan laut yang ada di Wakatobi ini yaitu seperti beragam jenis ikan dan terumbu karang. Serta keragaman habitat yang hasilkan panorama laut memukau.

Baca Juga : Wisata Danau Biru Kolaka Yang Menarik Dan Menakjubkan

Dari konservasi laut, Kepulauan Wakatobi lalu di ubah namanya jadi Taman Nasional Wakatobi pada bulan Juli 1996. Setelah itu, pada tanggal 9 Agustus 2002, kawasan ini secara resmi di tetapkan jadi Taman Nasional Wakatobi. Karena telah menjadi taman nasional, maka kawasan ini kemudian tidak hanya fokus pada habitat laut saja.

Banyak Terdapat Keanekaragaman Hayati

Taman-Nasional-Wakatobi-Wisata-Yang-Wajib-Anda-Kunjungi

Taman Nasional ini sama halnya seperti taman nasional lainnya yang menyimpan serta melestarikan keanekaragaman hayati di dalamnya. Terlebih lagi Taman Nasional ini ada di Coral Triangle ataupun Segitiga Terumbu Karang. Coral Triangle merupakan istilah yang mengacu pada wilayah dengan luas 6 juta kilometer. Yang mana membentang dari Malaysia, Indonesia, Kepulauan Solomon sampai dengan Timor leste. Di Indonesia sendiri Coral Triangle ini melewati wilayah Kepulauan Wakatobi, yang mana membuatnya jadi semakin istimewa.

Bahkan, fenomena Coral Triangle ini juga membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemudian menetapkan tanggal 9 Juni sebagai Coral Triangle Day. Sebagaimana di katakan sebelumnya, bahwa di Taman Nasional ini ada 25 gugusan terumbu karang dengan panjang 600 kilometer. Di sana bisa di temukan sekitar 112 jenis dari adanya 13 famili terumbu karang. Tidak hanya itu, Taman Nasional Wakatobi ini juga mempunyai sejumlah spesies langka yang di lindungi seperti penyu hijau, penyu sisik dan ikan Napoleon. Lalu kepiting kenari, lumba-lumba, lola, duyung sampai cumi-cumi berbintik hitam sentralsultra.id.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *